adplus-dvertising

DPRD Ungkap Anggaran Pembangunan Jalan Konawe Selatan Capai Rp 10 Miliar di 2023

Kardin, telisik indonesia
Rabu, 23 November 2022
380 dilihat
DPRD Ungkap Anggaran Pembangunan Jalan Konawe Selatan Capai Rp 10 Miliar di 2023
DPRD Sulawesi Tenggara komitmen terhadap pembangunan jalan provinsi yang terus mengalokasikan anggaran. Termasuk di APBD 2023 mendatang. Foto: Kardin/Telisik

" DPRD Sulawesi Tenggara terus menggelontorkan anggaran infrastruktur, termasuk untuk jalan provinsi yang kini masih menjadi polemik di masyarakat "

KENDARI, TELISIK.ID - DPRD Sulawesi Tenggara terus menggelontorkan anggaran infrastruktur, termasuk untuk jalan provinsi yang kini masih menjadi polemik di masyarakat.

Ketua DPRD Sulawesi Tenggara, Abdurrahman Shaleh mengatakan, pihaknya terus memperjuangkan aspirasi masyarakat, termasuk soal infrastruktur jalan. DPRD juga terus berkomunikasi dengan pemerintah provinsi termasuk pemeritah kabupaten/kota

"Ini karena komitmen kita terhadap masyarakat. Insya Allah, kita akan rapikan semua jalan-jalan yang ada," ucap Abdurrahman Shaleh saat ditemui usai paripurna pembahasan APBD 2023, Rabu (23/11/2022).


Baca Juga: Pedagang Minuman Dingin Ini Raup Untung Ratusan Ribu per Hari

Senada, Wakil Ketua DPRD Sulawesi Tenggara, Nursalam Lada menerangkan, terkait ruas jalan provinsi Ambaipua-Motaha Konawe Selatan bakal dialokasikan anggaran di atas Rp 10 miliar di APBD 2023.

"Angka pastinya selesai pembahasan APBD. Tapi kami sudah bersepakat di atas Rp 10 miliar," beber politisi PDIP itu.

Nursalam juga mengungkapkan, jalan provinsi di Konawe Selatan telah dianggarkan secara bertahap. Namun katanya, panjang jalan provinsi secara keseluruhan mencapai lebih dari 1000 Km yang tersebar di 17 kabupaten/kota.

Berdasarkan alokasi anggaran yang terbatas, maka semua harus dibagi. Jika ada anggaran tambahan, ia menginginkan langsung menuntaskan pembangunan jalan provinsi.

"Janji gubernur akan menuntaskan semua jalan provinsi sebelum masa jabannya berakhir," ucap Nursalam.

Sementara itu, Wakil Bupati Konawe Selatan, Rasyid menuturkan, secara keseluruhan ruas jalan provinsi di daerahnya mencapai 237 Km.

Sedangkan ruas jalan Ambaipua-Motaha yang mengalami rusak parah mencapai 25 Km dari panjang keseluruhan 34 Km. Untuk perbaikan jalan tersebut, telah dialokasikan anggaran APBD provinsi 2022 mencapai lebih Rp 9 miliar.

Baca Juga: DPRD Sulawesi Tenggara Pastikan Anggaran Jalan Provinsi Capai Rp 390 miliar

Sedangkan untuk anggaran perbaikan jalan sepanjang 237 Km kata Rasyid, dapat diperhitungkan melalui asumsi Rp 2 miliar perkilo meter.

"Kalau kita hitung-hitung ya, hampir Rp 100 miliar untuk alokasi anggaran di Konawe Selatan," bebernya.

Meski demikian kata Rasyid, Pemda juga realistis melihat persoalan tersebut. Pasalnya bukan saja Konawe Selatan yang mengalami rusak jalan, tetapi kabupaten lain juga.

"Untuk ruas jalan Landono, sudah disikapi oleh gubernur dan DPRD provinsi. Sinyal itu sudah ada," tutupnya. (A)

Penulis: Kardin

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga