adplus-dvertising

Dua Atlet Silat Sultra Siap Tarung di PON Papua

Sumarlin, telisik indonesia
Rabu, 08 September 2021
1207 dilihat
Dua Atlet Silat Sultra Siap Tarung di PON Papua
Atlet Silat Sultra tengah mengikuti pemusatan latihan jelang pelaksanaan PON XX Papua Oktober 2021.Foto: Ist.

" Pelaksanaan PON XX kali ini pihaknya bukan hanya mewaspadai lawan yang akan dihadapi, tetapi juga mewaspadai COVID-19 "

KENDARI, TELISIK.ID - Dua pesilat Sultra, Riki Aris Munandar dan Wiwik Nirwana Hata, siap bertarung pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua, pada Oktober mendatang.

“Dari segi teknis kita siap. Jadi saat ini kita tinggal bagaimana menjaga faktor non teknis yang bisa merugikan atlit pencak silat Sultra,“ ungkap Pelatih Pencak Silat Sultra, Adam Malik, baru-baru ini.

Menurut peraih medali emas PON XVII ini, pelaksanaan PON XX kali ini pihaknya bukan hanya mewaspadai lawan yang akan dihadapi, tetapi juga mewaspadai COVID-19.


“Kalau pada PON sebelumnya kita hanya fokus menghadapi lawan di atas matras. Kali ini kami juga mewaspadai virus COVID-19 yang mengancam. Jadi kita harus benar-benar menjaga kesehatan sehingga terhindar dari COVID-19,” tuturnya.

Untuk itu, pihaknya terus menjaga kondisi atlet dengan tidak membiarkan atletnya melakukan aktivitas di luar latihan, apalagi pelaksanaan PON sudah tidak cukup lagi satu bulan.

Sementara itu, Ketua Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) Sultra Andi Ady Aksar menjelaskan, pembinaan terhadap atlet terus dilakukan, tidak hanya persiapan PON tetapi harus berkesinambungan. Ini dilakukan untuk mengembalikan kejayaan Silat Sultra di tingkat nasional.

Baca Juga: Ratna Umi Nurlila Resmi Dilantik Jadi Rektor Mandala Waluya

Baca Juga: BPOM Terbitkan Izin Vaksin Janssen COVID-19 Vaccine dan Vaksin Convidecia

"Salah satu yang kita lakukan untuk memajukan organisasi dan memacu semangat atlet untuk meraih prestasi, yang dapat kita berikan untuk latihan dan rumah tinggal atau mess untuk atlet pencak silat di Sultra,” kata Andi Ady Aksar.

Menurut Ketua DPD Gerindra Sultra ini, proses pembinaan para atlet yang baik akan lebih optimal lagi jika didukung adanya sarana prasarana yang memadai dalam proses latihan.

Ia mengaku, sejak diamanahi sebagai ketua IPSI Sultra pada Maret 2021, ia sudah berkomitmen untuk melahirkan atlet berprestasi di tingkat nasional guna mengharumkan nama daerah Sultra.

Untuk diketahui, beberapa atlet Silat Sultra yang pernah menjadi juara di PON di antaranya, Brusli S Herman, Lipsan, Wa Ode Alfana, Permata Kemalasari, Adam Malik, Hendra Alimin dan Riki Aris Munandar. (B)

Reporter: Sumarlin

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga