Dua Bocah SD Manfaatkan Turnamen Buton Cup 1 dengan Jualan Donat

Febriyani, telisik indonesia
Kamis, 05 Oktober 2023
0 dilihat
Dua Bocah SD Manfaatkan Turnamen Buton Cup 1 dengan Jualan Donat
Rifki dan Opet saat menjajakan jualan mereka pada pembukaan turnamen Buton Cup 1 yang digelar di lapangan besar Banabungi, Kecamatan Pasarwajo, Kabupaten Buton. Foto: Febriyani/Telisik

" Dua bocah yang masih duduk di bangku sekolah dasar (SD), Rifki (11) dan Opet (7) terlihat menjajakan jajanan mereka pada penonton yang hadir dalam pembukaan turnamen Buton Cup 1, digelar di lapangan besar Banabungi, Kecamatan Pasarwajo, Kabupaten Buton "

BUTON, TELISIK.ID - Dua bocah yang masih duduk di bangku sekolah dasar (SD), Rifki (11) dan Opet (7) terlihat menjajakan jajanan mereka pada penonton yang hadir dalam pembukaan turnamen Buton Cup 1, digelar di lapangan besar Banabungi, Kecamatan Pasarwajo, Kabupaten Buton.

Rifki dan Opet mengaku donat yang merekan jajakan itu milik salah satu kerabat terdekat mereka. Setiap ada kegiatan besar seperti ini ,mereka selalu memanfaatkan waktu untuk mengais pundi-pundi rupiah.

Rifki mengaku senang, walau upah yang ia peroleh tidak banyak namun dari upah itu ia bisa memenuhi kebutuhan jajan di sekolah, hingga tidak perlu minta ke orang tuanya.

Baca Juga: Turnamen Buton Cup 1 Digadang Lahirkan Pesepak Bola Unggul Menuju Kancah Nasional

"Ini jualnya bibi, saya bersyukur dikasih upah Rp 2 ribu hingga Rp 5 ribu, bisa buat jajan di sekolah. Jadi tidak perlu minta sama mama," ujarnya, Kamis (5/10/2023).

Senada dengan Rifki, Opet mengaku senang bisa berjualan karena dapat uang jajan sendiri. Ia mengaku tidak malu berjualan keliling seperti ini. Ia menegaskan, apa yang ia lakukan itu baik.

"Allhamdulillah, bisa dapat uang jajan sendiri, tidak perlu minta lagi. Saya tidak perna malu jualan keliling seperti ini. Kadang juga saya mencari barang bekas untuk dijual," tuturnya.

Rifki dan Opet ini menjadi bakal calon pengusaha hebat di Kabupaten Buton, meski usia mereka yang masih belia, namun mereka sudah paham memanfaatkan situasi untuk menghasilkan rupiah.

Terlihat jajanan mereka diminati beberapa penonton yang hadir. Salah satu pembeli, Juharni mengaku mengenal Opet, sedangkan Rifki, ia baru melihatnya.

Baca Juga: Usai Ditusuk Pipa, Mata Bocah SD di Buton Selatan Dinyatakan Buta

"Dari tadi saya perhatikan mereka keliling berjualan di lapangan, akhirnya saya panggil. Allhamdulillah ada beberapa juga yang ikut membeli," ujarnya.

Ia mengaku Opet merupakan anak yang pekrja keras dan rajin, ia selalu membantu orang tuanya di rumah. Harapanya  ke depan mereka menjadi anak-anak yang sukses.

Diketahui Riki dan Opet berasal dari dua keluarahan yang berbeda, namun masih kecamatan yang sama yakni Kecamatan Pasarwajo. Rifki berasal dari Kelurahan Laburunci, Sedangkan Opet dari Kelurahan Banabungi Honex. Meski berbeda kelurahan dan sekolah, mereka berdua mengaku selalu bermain bersama. (A)

Penulis: Febriyani

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga