Dua Nama Mencuat Calon Sekda Sultra, Ali Mazi: Hanya yang Memenuhi Syarat

Muhammad Ilwanto, telisik indonesia
Selasa, 05 April 2022
0 dilihat
Dua Nama Mencuat Calon Sekda Sultra, Ali Mazi: Hanya yang Memenuhi Syarat
Gubernur Sultra, Ali Mazi pastikan hanya yang memenuhi syarat dapat menjabat Sekda Sultra. Foto: Dok Telisik

" Sekda Sulawesi Tenggara (Sultra) akan kembali kosong, hal tersebut dikarenakan Nur Endang Abbas yang sementara ini masih berstatus Sekda, hanya tinggal menghitung hari memasuki masa pensiun "

KENDARI, TELISIK.ID - Jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Sulawesi Tenggara (Sultra) akan kembali kosong, hal tersebut dikarenakan Nur Endang Abbas yang sementara ini masih berstatus Sekda, hanya tinggal menghitung hari memasuki masa pensiun.

Terlebih dengan adanya surat Keputusan Presiden (Kepres) mengenai pemberhentian jabatan Sekda Sultra, yang tertuang dalam Kepres Nomor 11/m Tahun 2022.

Secara otomatis, jabatan tinggi tersebut akan kosong. Pemerintah Provinsi (Pemprov) segera mencari sosok pengganti Nur Endang Abbas. Sejauh ini, persiapan pemilihan Sekda sudah sementara berjalan, tim panitia seleksi (Pansel) pun telah dibentuk, sebanyak lima orang, yakni tiga dari pejabat eselon I pemerintah pusat Kemendagri, KemenPAN RB dan Sekretariat Kabinet dan dari daerah, yakni dari kalangan akademisi dan tokoh masyarakat.

Dengan syarat, yaitu setidaknya PNS berkualifikasi pendidikan paling rendah sarjana atau diploma IV. Memiliki kompetensi teknis, manajerial dan sosial kultural. Pengalaman jabatan dalam bidang tugas paling singkat 7 tahun. Pernah menduduki jabatan pimpinan tinggi pratama (JPTP) atau jabatan fungsional jenjang ahli utama paling singkat 2 tahun.

Sejauh ini, nama-nama calon sudah nampak mulai mencuak, seperti Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra, Asrun Lio serta Basiran yang sekarang menjabat sebagai Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD). Seperti yang diketahui, dua orang tersebut, merupakan orang kepercayaan Gubernur Ali Mazi, yang senantiasa mendampingi berbagai kegiatannya.

Gubernur Sultra, Ali Mazi mengatakan, terkait pencalonan Sekda, semunya memiliki peluang jika mereka memenuhi syarat menjadi Sekda.

"Selama memenuhi persyaratan yang ditetapkan, maka semuanya bebas. Mulai dari para OPD dan lain sebagainya. Selama itu memenuhi unsur klasifikasi, kenapa tidak," ungkapnya kepada Telisik.id beberapa waktu lalu.

Baca Juga: DPRD Bahas Pemberian Insentif dan Kemudahan Investasi di Kendari

Lanjut kata dia, sekarang sementara proses, tim Pansel sudah terbentuk. Artinya tinggal menunggu jadwal pasnya saja, kapan akan dilaksanakan.

"Rencananya kami akan undang tim Pansel pusat untuk datang ke sini, untuk segera mengumumkan para calon," katanya.

Menanggapi isu akan dicalonkan sebagai Sekda, Asrun Lio mengungkapkan, dirinya masih akan fokus pada jabatannya yang sekarang dan enggan memikirkan berbagai isu yang menyangkut pautkan dirinya.

"Jika itu perintah langsung dari atasan untuk menjadi calon Sekda, pastinya harus siap, karena itu merupakan amanah. Namun untuk sekarang, masih fokus dulu dengan tugas sebagai Kadis Dikbud, masih banyak yang harus dikerjakan dan selesaikan," ujarnya.

Baca Juga: Pemprov Sultra masih Tunggu Petunjuk Pusat untuk Penyaluran TPP, THR dan Gaji Ke-13 PNS

Namun sampai detik ini, belum ada konfirmasi mengenai kapan akan dilaksanakan proses seleksi Sekda dan berbagai proses lainnya, dari BKD Sultra yang menjadi tim penyelenggaraan seleksi. Di mana pihak Telisik.id, mengkonfirmasi perihal proses seleksi pemelihan Sekda, BKD Sultra belum memberikan informasi.

"Nanti sama pimpinan saja yah, saya tidak punya wewenang untuk menjawab. Karena saya hanya sebagai bahwan saja," ungkap Kabid Pengembangan BKD Sultra, Saido Bonsai, saat dijumpai tim Telisik.id, Selasa (5/4/2022).

Sementara Kepala BKD Sultra, sampai detik ini, belum juga memberikan tanggapannya, terkait soal tahapan seleksi Sekda Sultra, sudah memasuki tahapan apa. (A)

Reporter: Muhammad Ilwanto

Editor: Kardin

Baca Juga