Dua Puskesmas di Muna Belum Miliki Gedung

Sunaryo, telisik indonesia
Minggu, 28 Maret 2021
0 dilihat
Dua Puskesmas di Muna Belum Miliki Gedung
Puskesmas Sugi Laende yang menggunakan gedung milik Pemkab. Foto: Sunaryo/Telisik

" Kita masih sementara mengusulkan dokter di program nusantara sehat "

MUNA, TELISIK.ID - Fasilitas kesehatan di Kabupaten Muna belum semuanya sempurna. Dari 22 kecamatan, masih ada dua puskesmas yang belum memiliki gedung puskesmas yang representatif.

Kedua puskesmas tersebut yakni Sugi Laende, Kecamatan Katobu dan Tanjung Batu.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Muna, La Ode Rimba Sua menerangkan, dua puskesmas tersebut baru dibentuk. Makanya untuk sementara, kedua puskesmas itu masih menggunakan gedung sementara milik Pemkab.

"Insyaallah tahun 2022, gedungnya akan dibangun baru," kata Rimba Sua, Minggu (28/3/2021).

Jumlah puskesmas di Muna saat ini sebanyak 30. Penambahan dua puskesmas, dikarenakan jumlah penduduk dan luas wilayah. Sehingga dengan 30 fasilitas kesehatan, menurutnya sudah ideal bila berpatokan dengan rasio 1 banding 15 ribu masyarakat persatu puskesmas.

Baca Juga: Jelang Kedatangan Kapolri dan Panglima TNI, Lokasi Ledakan Bom Disterilkan

Dimana, Puskesmas Sugi Laende akan melayani masyarakat Kelurahan Raha I, Butung-Butung, Laende dan Fookuni. Sedangkan Puskesmas Tanjung Batu wilayah pelayanannya meliputi, Desa Kawite-wite, Pasikuta, Lamanu dan Latampu.

Penyediaan fasilitas kesehatan itu pula kata Rimba, sebagai bentuk komitmen Bupati, LM Rusman Emba untuk mendekatkan pelayanan kesehatan pada masyarakat. Bahkan, tahun ini, puskesmas yang ada itu akan di tempatkan para dokter.  

"Kita masih sementara mengusulkan dokter di program nusantara sehat," timpalnya. (B)

Reporter: Sunaryo

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga