Dua Warga Karawang Terpapar Virus Corona Mutasi Baru B117

Marwan Azis, telisik indonesia
Rabu, 03 Maret 2021
0 dilihat
Dua Warga Karawang Terpapar Virus Corona Mutasi Baru B117
Ilustrasi mutasi virus Corona. Foto: Ist.

" Terdeteksi ada di Karawang, dari warga Karawang yang berpergian dengan pesawat Qatar Airways. Jadi dua orang Karawang ini tercatat bepergian internasional. "

JAKARTA, TELISIK.ID - Dua warga Kabupaten Karawang terpapar virus Corona mutasi baru, yang pertama kali ditemukan di Inggris dan disebut Corona B117.

Keduanya diketahui terpapar virus Corona B117 pasca melakukan perjalanan ke luar negeri.

"Terdeteksi ada di Karawang, dari warga Karawang yang berpergian dengan pesawat Qatar Airways. Jadi dua orang Karawang ini tercatat bepergian internasional," kata Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil seperti dikutip dari Detikcom, Rabu (3/3/2021).

Namun, Emil tak menjelaskan dari negara mana dua warga Karawang ini bepergian hingga terpapar virus Corona B117.

Baca juga: KPK Selidiki Dugaan Suap Miliaran Rupiah Pejabat Dirjen Pajak, Sri Mulyani Marah Besar

Menurut Kang Emil, keduanya sudah menjalani isolasi begitu mendarat di Indonesia.

"Sesuai prosedur mendarat diisolasi 10 hari, sudah dilaksanakan. Namun, ternyata prosedur 10 harinya sudah, tapi virusnya tidak mau hilang. Oleh karena itu, tim sedang melacak, mengisolasi tambahan, tracing, testing lagi terhadap kontak erat," kata Emil.

Ia menjelaskan, varian baru virus Corona B117 dari Inggris ditemukan di Kabupaten Karawang. Saat ini, Satgas COVID-19 Jabar pun tengah melakukan pelacakan lebih lanjut, untuk mengantisipasi merebaknya virus Corona yang bermutasi tersebut.

"Varian baru virus Corona diberitakan sudah ada di Indonesia, masuk di Karawang. Kami sudah melakukan pelacakan dan meminta kalau boleh tim Unpad (Universitas Padjadjaran) untuk meneliti UK B117 ini," tandasnya. (C)

Reporter: Marwan Azis

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga