Dua Warga Wakatobi Masuk ODP Covid 19

La Ode Arjuno Emang Sah, telisik indonesia
Rabu, 18 Maret 2020
0 dilihat
Dua Warga Wakatobi Masuk ODP Covid 19
Kepala Dinas Ksehatan Kabupaten Wakatobi, Muliadin Anis. Foto: Juno/Telisik

" Data tersebut karena ada dua warga kita yg tiba dari daerah atau negara terinfeksi (Malaysia dan Korea), jadi tetap masuk ODP untuk kita lakukan pemantauan atau pengawasan intensif meskipun sampai hari ini kedua orang tersebut tidak mengalami gejala sakit "

WAKATOBI, TELISIK.ID - Adanya kabar dua warga Wakatobi yang dinyatakan sebagai Orang Dalam Pantauan (ODP) covid 19, langsung ditanggapi oleh Pemerintah Kabupaten Wakatobi, melalui Dinas Kesehatan setempat.

Dikonfirmasi melalui telepon seluler, Kadinkes wakatabi,  Muliadin Anis, menyatakan, kedua warga tersebut merupakan warga Wakatobi yang baru tiba dari  negara Malaysia dan Korea dan pihaknya telah melakukan pemantauan terhadap kedua orang sersebut sejak pertama tiba di Wakatobi.

"Data tersebut karena ada dua warga kita yg tiba dari daerah atau negara terinfeksi (Malaysia dan Korea), jadi tetap masuk ODP untuk kita lakukan pemantauan atau pengawasan intensif meskipun sampai hari ini kedua orang tersebut tidak mengalami gejala sakit," ungkapnya, Rabu (18/3/2020).

Lanjutnya, setelah dipantau di tempat isolasi selama 13 hari untuk warga Wakatobi yang dari Malaysia dan 12 hari untuk warga Wakatobi yang dari Korea, keduanya belum menampakkan gejala-gejala terinfeksi covid 19.

"Sampai saat ini sama sekali tidak ada gejala sakit, sehingga ketika masuk masa inkubasi penularan covid-19 selama14 hari, mereka busa dikatakan bebas dari penularan covid-19," tuturnya.

Dirinya juga meminta seluruh masyarakat Wakatobi agar tidak panik dengan data tersebut dan tetap meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan dini terhadap penularan covid 19 dengan selalu menjaga kesehatan, menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Germas, istrahat cukup serta mengkosumsi makanan gizi seimbang agar imunitas tubuh tetap prima.

Reporter: Juno

Editor: Rani

Baca Juga