Dubes Hadir di HPN, Peluang Bagi Daerah Jalin Kerja Sama Strategis

Sumarlin, telisik indonesia
Senin, 10 Januari 2022
0 dilihat
Dubes Hadir di HPN, Peluang Bagi Daerah Jalin Kerja Sama Strategis
Ketua PWI Sultra Sarjono (kanan) saat memimpin rapat pengurus PWI jelang HPN. Foto: Sumarlin/Telisik

" Misi utama PWI menghadirkan perhelatan akbar HPN bukan untuk memenuhi dahaga hura-hura, tetapi berbuat konkrit mendorong kapasitas daerah ini "

KENDARI, TELISIK.ID - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulawesi Tenggara mengharapkan para Duta Besar (Dubes) negara sahabat bisa hadir di Kendari pada puncak acara Hari Pers Nasional (HPN).

"PWI mengharapkan pemerintah daerah Sultra, bupati/wali kota menangkap peluang dari momen HPN yang menghadirkan para Dubes berbagai negara sahabat," kata Ketua PWI Sultra, Sarjono.

Kata Sarjono, misi utama PWI menghadirkan perhelatan akbar HPN bukan untuk memenuhi dahaga hura-hura, tetapi PWI berbuat konkrit mendorong kapasitas daerah ini.

Sarjono meminta agar kehadiran para Dubes dimanfaatkan oleh kepala daerah dan pelaku usaha untuk membangun kemitraan.

"Saat ini Sultra menjadi episentrum dunia terkait sumber daya alam khususnya sektor pertambangan dan energi. Tetapi kita akan akan menjadi penonton kalau tidak  inovatif dan kreatif," kata Sarjono yang akrab disapa Kopral Jono.

Dia mencontohkan, Kabupaten Buton yang menyimpan potensi aspal terbaik dunia kiranya menjajaki kemungkinan pemanfaatan aspal dengan negara tertentu melalui kehadiran para Dubes.

Demikian halnya dengan Konawe Kepulauan,  Wakatobi dan Konawe Utara  yang menyimpan destinasi wisata alam air terjun dan wisata maritim, terbuka peluang kerjasama dalam hal pemasaran objek wisata tersebut.

PWI Pusat merestui Sultra sebagai tuan rumah HPN setelah menerima surat  kesiapan dari Gubernur Sultra H. Ali Mazi, SH dan Ketua DPRD Sultra H. Abdurrahman Shaleh, SH, M.Si serta pemangku kepentingan lainnya.

Seyogyanya Sultra menghelat HPN pada tahun 2021 namun karena pandemi COVID-19, diundur 9 Februari 2022.

"Mengingat situasi saat ini masih dalam kebijakan PPKM karena pandemi, maka tetap taat protokol kesehatan," katanya.

Baca Juga: Sopir Angkot Kejar Pengendara Wuling Gunakan Senjata

Hingga saat ini 10 Dubes negara sahabat terkonfirmasi menyatakan kesediaan menghadiri HPN 9 Februari 2022 di Kota Kendari.

Ke-10 Dubes tersebut yakni Dubes Rusia, Maroko, Taiwan, Amerika Serikat, Singapura, Bangladesh, Malaysia, Uni Eropa, UAE dan Dubes Denmark.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi (Sekprov) Sultra, Hj Nur Endang Abbas mengatakan, HPN 2022 akan menjadi hajatan nasional yang bersejarah bagi Sultra. Olehnya itu, Sultra sebagai tuan rumah harus menyelenggarakannya dengan baik dan sukses.

"Peserta datang dengan senyum dan pulang ke daerah masing-masing dengan tertawa bahagia,” ujar Ketua Panitia HPN lokal itu.

Baca Juga: HPN di Kendari, Presiden Dijadwalkan Lepas Liar Rusa di Taman Nasional dan Tanam Mangrove

Nur Endang menjelaskan, berdasarkan agenda HPN yang telah disusun, sejumlah kegiatan akan digelar sebelum acara puncak  HPN tanggal 9 Febuari 2022. Di antaranya, seminar nasional, penyerahan penghargaan Adinegoro untuk wartawan terbaik, Anugerah Kebudayaan bagi kepala daerah, rakernas, pameran, hingga rencana penanaman mangrove dan pelepasliaran hewan jenis rusa dan anoa di Taman Nasional Rawa Aopa Watu Mohai. (B)

Reporter: Sumarlin

Editor: Haerani Hambali 

Baca Juga