adplus-dvertising

Dugaan Borok Uinsu Diungkap Pemuda Pemerhati Demokrasi

Reza Fahlefy, telisik indonesia
Senin, 06 Desember 2021
860 dilihat
Dugaan Borok Uinsu Diungkap Pemuda Pemerhati Demokrasi
Massa ketika melakukan aksi demo di depan Gedung Mapolda Sumut. Foto: Reza Fahlefy/Telisik

" Mahasiswa dan pemuda yang tergabung di Majelis Pemuda Pemerhati Demokrasi Sumatera Utara (Sumut) melakukan aksi demo di Gedung Mapolda Sumut "

MEDAN, TELISIK.ID - Mahasiswa dan pemuda yang tergabung di Majelis Pemuda Pemerhati Demokrasi Sumatera Utara (Sumut) melakukan aksi demo di Gedung Mapolda Sumut, Jalan Sisingamangaraja, Medan, Senin (6/12/2021).

Aksi massa di Markas Polda Sumut ini membuka kejanggalan proses seleksi calon dosen tetap non pegawai negeri sipil (PNS) Badan Layanan Umum (BLU) di Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (Uinsu) tahun 2021.

"Kepada Bapak Kapolda Sumut, Irjen Pol Panca Putra, kami dari pemuda yang tergabung di MPPD-SU meminta agar kepolisian mengusut dugaan kejahatan dalam proses seleksi calon dosen yang telah selesai perekrutannya di Uinsu," kata koordinator lapangan, Ilham Siregar.


Mereka menyebut, seleksi yang dilakukan sarat dengan permainan. Ada dugaan praktik melanggar hukum di balik legalitas kegiatan pelaksanaan seleksi calon dosen.

Baca Juga: Kabar Baik untuk Petani Jambu Mete di Buton Utara, Ini Kata Kadis Pertanian

"Tanpa surat keputusan pengangkatan panitia seleksi, selain itu ada dugaan panitia seleksi melakukan rekayasa pengumuman hasil tes serta dugaan persekongkolan jahat dengan oknum Kepala Biro Psikologi Universitas Medan Area. Kami melihat adanya dugaan kecurangan itu," tegas Ilham.

Atas kejanggalan itu, mereka meminta agar Kapolda Sumut memerintahkan jajarannya untuk melakukan penyelidikan dan permintaan klarifikasi terhadap panitia seleksi dan orang yang bertanggung jawab di Uinsu.

"Segera periksa secara maraton dan jika memang terbukti melakukan kecurangan, segera tetapkan sebagai tersangka. Jangan ada lagi bentuk kecurangan dalam melakukan seleksi calon dosen di Sumatera Utara ini. Terkahir, kami juga meminta agar Polda Sumut mengusut tuntas dugaan fee proyek di kampus Uinsu," tegasnya.

Baca Juga: Wakil Bupati Butur Menghadap Presiden RI di Istana Bogor

Perwakilan dari Polda Sumut, AKBP Saiful menerima aspirasi dari massa. Dia berjanji akan membawa aspirasi itu ke orang nomor satu di Mapolda Sumut.

"Terima kasih kepada teman-teman dan adik-adik mahasiswa dan pemuda yang datang menyampaikan aspirasi. Polda Sumut akan berkomitmen untuk memberantas segala bentuk tindak pidana, terutama kasus korupsi. Mengenai aspirasi ini, pasti saya akan sampaikan kepada Bapak Kapolda Sumut. Akan saya masukkan dalam catatan untuk ditindaklanjuti. Mohon untuk bersabar ya," terangnya. (A)

Reporter: Reza Fahlefy

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga