Dukun Palsu di Kendari Diamankan Polisi, Modus Dapat Menarik Barang Ghaib

Thamrin Dalby, telisik indonesia
Selasa, 30 Januari 2024
0 dilihat
Dukun Palsu di Kendari Diamankan Polisi, Modus Dapat Menarik Barang Ghaib
Barang bukti yang berhasil diamankan oleh anggota Polsek Mandonga. Foto: Thamrin Dalby/Telisik

" Dengan modus dapat menarik barang ghaib berupa emas batangan dan benda-benda antik, seorang pria yang mengaku dukun akhirnya diamankan oleh satuan Reskrim Polsek Mandonga "

KENDARI, TELISIK.ID - Dengan modus dapat menarik barang ghaib berupa emas batangan dan benda-benda antik, seorang pria yang mengaku dukun akhirnya diamankan oleh satuan Reskrim Polsek Mandonga, Selasa (30/1/2024).

Tersangka yang berinisial DS terpaksa digelandang oleh satuan Reskrim Polsekta Mandonga. DS yang merupakan warga Jalan Dr. Sutomo, Kelurahan Lalodati, Kecamatan Puwatu diamankan atas laporan beberapa korban dengan modus pelaku sebagai orang sakti yang mampu menarik benda berharga dari alam ghaib.

Pelaku DS menjalankan aksinya bermula mendekati tetangga kostnya bahwa dirinya mampu menarik barang-barang ghaib berupa emas dan benda-benda pusaka lainnya.

Baca Juga: 17 Siswa SMP di Buton Selatan Dicabuli Gurunya

Setelah itu, para korban diwajibkan untuk memahar barang tersebut dengan harga bervariasi. Aksi tersebut terungkap setelah salah satu korban inisial HD yang telah memahar emas batangan dari pelaku, mencoba untuk mengecek dan menjual emas tersebut yang ternyata hanyalah merupakan besi kuningan.

"Pelaku mengaku orang sakti dan mampu menarik emas batangan," Aipda Anton Sumarto Panit Opsional.

Sementara itu, dari keterangan pelaku DS, ia mengaku melakukan hal tersebut atas desakan utang.

"Saya ingin bayar utang," singkatnya.

Baca Juga: Buronan KPK Harun Masiku Disebut Sembunyi di Indonesia dengan Tubuh Gemuk

Selain itu, pelaku juga melakukan penggelapan dua unit mobil mini bus dan kasus tersebut telah dilaporkan ke Polsek Konda, Konawe Selatan.

Hingga saat ini baru lima orang yang telah melaporkan perbuatan pelaku dipm Polsek Mandonga. Namun, diduga masih banyak korban lain tapi belum mau melapor.

Saat ini pihak kepolisian telah mengamankan barang bukti berupa satu set keris antik saru buah emas palsu, serta dua kotak dos kosong yang dibungkus kain putih yang katanya akan berisi uang miliaran. (A)

Penulis: Thamrin Dalby

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga