Dukungan NU Jawa Timur untuk Prabowo Menguat

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Senin, 22 Mei 2023
0 dilihat
Dukungan NU Jawa Timur untuk Prabowo Menguat
Penasehat Ansor Jatim dan politisi Gerindra Imam Makruf, membeberkan, kuota caleg perempuan di Gerindra Jawa Timur mayoritas adalah kader Muslimat NU. Foto: Yudhie/Telisik

" Banyaknya kader NU maju di Pileg 2024 bersama Gerindra karena seringnya Prabowo Subianto turun ke Jawa Timur untuk bertemu dan bersilaturahmi dengan ulama NU "

SURABAYA, TELISIK.ID - Kedekatan antara ulama dan warga nahdliyin dengan Bacapres Prabowo Subianto, sudah tak diragukan lagi. Dukungan mengakar dari organisasi keagamaan terbesar di Indonesia tersebut untuk Prabowo, dibuktikan adanya dukungan warga NU untuk Partai Gerindra, terlebih jelang Pemilu 2024 mendatang.

Menurut politisi Gerindra, Imam Makruf, banyak dari kalangan perempuan di Muslimat NU yang merupakan badan organisasi NU untuk maju di Pileg 2024 dari Partai Gerindra.

"Saya mengambil contoh untuk Caleg DPRD Jatim di Dapil XI, 30 persennya dari unsur perempuan diduduki kader Muslimat NU sebagai caleg dari Gerindra," ujarnya, Senin (22/5/2023).

Pria yang akrab disapa Gus Makruf ini mengatakan, banyaknya kader NU maju di Pileg 2024 bersama Gerindra dikarenakan seringnya Ketum Prabowo Subianto turun ke Jawa Timur untuk bertemu dan bersilaturahmi dengan ulama-ulama NU.

Baca Juga: Prabowo Bicara Empat Mata dengan Gibran Usai Didukung Relawan Jokowi, Pilpres 2024 Panas

"Pak Prabowo sering sowan ke sejumlah tokoh NU dan kyai sepuh NU dan tentunya mendapat respon luar biasa dari beliau-beliau ini. Ini tentunya modal besar untuk mendapatkan dukungan kalangan NU di Pemilu 2024 mendatang," jelas Ketua Dewan Penasehat Ansor Jawa Timur ini.

Hasil riset Lembaga Survei Nasional (LSN) menunjukkan sebanyak 41,5 persen responden dari kalangan Nahdlatul Ulama akan memilih Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto jika pilpres dilaksanakan saat ini.

Direktur Eksekutif LSN Gema Nusantara, Barky, angka itu meningkat signifikan dibanding dengan survei LSN Februari lalu.

Baca Juga: PDIP Panggil Gibran Usai Relawannya Dukung Prabowo, Banteng Ketar-Ketir

"Pasca terbentuknya Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya antara Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), mayoritas warga nahdliyin (NU) mulai berpaling mendukung Prabowo Subianto untuk maju dalam Pilpres 2024," ujar Gema, beberapa waktu lalu.

Survei LSN dilakukan di 34 provinsi sepanjang 10-24 Juni. Jumlah responden sebanyak 1.500 orang dipilih dengan multistage random sampling. Survei dilakukan dengan teknik wawancara tatap muka dan kuesioner.

Margin of error atau ambang kesalahan survei ini sebesar 2,53 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen. (B)

Penulis: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga