Duta Genre Sulawesi Tenggara 2023 Fokus Cegah Stunting Usia Remaja

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Sabtu, 04 Maret 2023
0 dilihat
Duta Genre Sulawesi Tenggara 2023 Fokus Cegah Stunting Usia Remaja
Penobatan Duta Genre Indonesia Sulawesi Tenggara 2023 kepada Muh Sutan Nur Fat dan Indri Ananda Hasanah. Foto: Adinda Septia Putri/Telisik

" Acara puncak pemilihan Duta Generasi Berencana (Genre) Indonesia Sulawesi Tenggara 2023 berlangsung megah dan spektakuler "

KENDARI, TELISIK.ID – Acara puncak pemilihan Duta Generasi Berencana (Genre) Indonesia Sulawesi Tenggara 2023, yang digelar Jumat (3/3/2023) malam, berlangsung megah dan spektakuler.

Acara yang digelar di Hotel Zahra Syariah, Kota Kendari tersebut, turut menghadirkan Deputi Koordinator Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga (KSPK) Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) RI, Nopian Andusti.

Pada pembukaan acara, Nopian bersama Kepala BKKBN Sulawesi Tenggara, Asmar, dan Bapak Genre sekaligus Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara, Lukman Abunawas, disambut dengan tarian khas daerah Sulawesi Tenggara oleh para remaja bertalenta dari Forum Genre.

Penampilan apik juga turut disuguhkan oleh para remaja inspiratif 50 finalis Duta Genre. Mulai dari tarian-tarian, peragaan busana, hingga parade kain nusantara. Selain itu, para finalis juga ditantang menyampaikan gagasannya lewat keyword mengenai isu-isu remaja yang diberi acak, juga menjawab pertanyaan-pertanyaan dari lima dewan juri yang berkompeten di bidangnya masing-masing.

Kepala BKKBN Sulawesi Tenggara, Asmar mengatakan, ada 50 finalis atau 25 pasang finalis yang lolos untuk melakukan karantina dan dipersiapkan dalam kompetisi acara puncak, 18 di antaranya berasal dari Bombana, Wakatobi, Muna, Buton Utara, Baubau, Muna Barat, Konawe Selatan, dan Kolaka. Sedangkan 32 atau 16 pasang finalis lainya berasal Kota Kendari.

Baca Juga: 3 Ribu Beras Fortivit Disalurkan untuk Lawan Stunting di Kabupaten Konawe

Selama proses karantina yang berlangsung sejak 28 Februari hingga 3 Maret 2023, para finalis dibekali dengan berbagai macam materi untuk mengembangkan pemikiran dan karakter, bagaimana seharusnya Duta Genre berpikir dan berperilaku.

Dari 50 finalis tersebut  akhirnya terpilih sepasang yang dinobatkan sebagai Duta Genre Indonesia Sulawesi Tenggara 2023, mereka adalah Indri Ananda Hasanah dan Muh Sutan Nur Fat dari Kota Kendari.

25 pasang finalis yang berasal dari seluruh kota/kabupaten di Sulawesi Tenggara dalam malam puncak pemilihan Duta Genre. Foto: Adinda Septia Putri/Telisik

 

Kepala Forum Genre Indonesia Sulawesi Tenggara, Wawan Saputra mengatakan, penobatan tersebut merupakan akumulasi hasil penilaian sejak para finalis menjalani masa karantina hingga malam puncak.

Ia menambahkan, para finalis diseleksi ketat melalui berbagai macam tes, mulai dari seleksi berkas, tes tulis, tes wawancara, tes penyuluhan hingga tes psikologi. Hal ini demi terpilihnya orang yang layak untuk menduduki posisi Duta Genre.

Baca Juga: Calon Duta Genre Bakal Dilibatkan dalam Program Pencegahan Stunting

Deputi KSPK BKKBN RI, Nopian Andusti mengatakan, Duta Genre punya tugas sebagai konselor sebaya untuk anak-anak remaja di wilayahnya. Setiap tahunnya, Duta Genre mengkampanyekan untuk menghindari tiga permasalahan yang sering dialami remaja, yaitu pernikahan dini, narkoba, dan seks bebas.

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) Sulawesi Tenggara, Asmar, saat menyampaikan sambutan di acara pemilihan Duta Genre Indonesia Sulawesi Tenggara 2023. Foto: Adinda Septia Putri/Telisik

 

Tahun ini Duta Genre punya tugas baru dan akan berfokus untuk menyuarakan pencegahan stunting pada usia remaja. Stunting sendiri menjadi darurat di Sulawesi Tenggara yang dilabeli sebagai provinsi dengan angka stunting tertinggi ke-5 di Indonesia.

Usia remaja menurutnya, menjadi sasaran tepat dalam fase pencegahan stunting. Nopian menjelaskan, pada usia ini, remaja-remaja putri banyak mengalami anemia atau kekurangan darah saat menstruasi yang menjadi salah satu penyebab stunting. (A-Adv)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga