Duta Maritim Indonesia 2023 Asal Baubau Perjuangkan Kesejahteraan Masyarakat Pesisir

Wiwik Prihastiwi, telisik indonesia
Selasa, 22 Agustus 2023
0 dilihat
Duta Maritim Indonesia 2023 Asal Baubau Perjuangkan Kesejahteraan Masyarakat Pesisir
Nabila Sidratil, Duta Maritim Indonesia 2023 asal Kota Baubau, Sulawesi Tenggara. Foto: Ist.

" Nabila Sidratil ingin menjadi bagian yang ikut serta berperan aktif untuk mensejahterakan daerah pesisir yang ada di Kota Baubau "

BAUBAU, TELISIK.ID - Nabila Sidratil, mahasiswi asal Kota Baubau, telah resmi menyandang gelar Duta Maritim Indonesia 2023 perwakilan Sulawesi Tenggara.

Sekolah Duta Maritim Indonesia (SDMI) yang digelar Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia (ASPEKSINDO) telah selesai dilaksanakan sejak tanggal 11-17 Agustus 2023. Dimana diikuti sejumlah delegasi dari berbagai daerah yang tersebar di Indonesia.

Nabila Sidratil yang saat ini tengah menempuh pendidikan Jurusan Budidaya Perairan di Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari mengungkapkan, mengikuti SDMI menjadi pengalaman berharga baginya.

Karena melalui SDMI, ia berkesempatan mengunjungi sejumlah kementerian seperti Kementerian Pariwisata, Kementerian Kelautan dan Perikanan, dan Kementerian Pemuda dan Olahraga. Ia juga berkesempatan ikut berdiskusi di kantor DPR RI terkait isu kemaritiman.

Bukan tanpa alasan Nabila Sidratil mengikuti SDMI. Ia ingin menjadi bagian yang ikut serta berperan aktif untuk mensejahterakan daerah pesisir yang ada di Kota Baubau khususnya.

Baca Juga: Mahasiswi Asal Wakatobi Lolos Sekolah Duta Maritim Indonesia 2023

Karena menurutnya yang menjadi kekurangan daerah pesisir di Kota Baubau yakni terkait pola pikir. Sehingga sebagai Duta Maritim, Nabila Sidratil akan mengangkat masalah pendidikan. Karena di Kota Baubau terdapat satu desa yaitu Desa Boneatiro, Kecamatan Kapuntori, yang angka putus sekolahnya sangat tinggi.

"Sebagai Duta Maritim saya ingin bagaimana bisa mendorong hal tersebut karena saya rasa nelayan sangat memerlukan edukasi. Bagaimana kita bisa mengembangkan kualitas daerah pesisir kalau bukan pola pikir, yang mana itu didapat melalui pendidikan," ujarnya kepada Telisik.kd, Selasa (22/8/2023).

Karena kurangnya pola pikir yang bagus, kata Nabila, pendapatan para nelayan kadang hanya digunakan ke hal-hal negatif.

Dengan itu Nabila ingin berkontribusi untuk membantu para nelayan. Membantu masyarakat pesisir di Kota Baubau untuk bisa peduli dan bisa mengedukasi masyarakat pesisir agar ke depannya menjadi lebih baik lagi demi kesejahteraan Kota Baubau terutama daerah maritim.

Selain itu sebagai Duta Maritim Indonesia, Nabila menuturkan, ia akan mengajak para pemuda-pemudi dan masyarakat lainnya untuk menjaga daerah pesisir.

Ia berpesan kepada generasi muda yang ada di Kota Baubau untuk tetap menjaga laut, tetap peduli akan ekosistem laut dan tidak membuang sampah sembarangan.

Baca Juga: Finalis Duta Maritim Indonesia Perwakilan Sulawesi Tenggara Kampanye Kawasan Tanpa Rokok

"Karena hal tersebut bisa merusak yang namanya ekosistem laut dan itu kalau tidak diantisipasi dari sekarang akan menyebabkan bencana alam, hanya karena kita tidak peduli akan sekitar," ucapnya.

Melihat anaknya yang aktif mengikuti kegiatan seperti SDMI, tentu menjadi hal yang sangat dibanggakan. Ayah dari Nabila Sidratil, Naharuddin Mimu berharap Nabila bisa belajar dari pengalaman-pengalaman yang diikuti sebelumnya.

"Ke depannya semoga bisa menjadi orang yang terus menambah pengetahuannya dan menjadi orang yang lebih baik lagi," harapnya. (B)

Penulis: Wiwik Prihastiwi

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga