Edit Video Pj Bupati Muna Barat Pro Ganjar, Umar Bonte Bakal Tempuh Jalur Hukum

Sunaryo, telisik indonesia
Sabtu, 11 November 2023
0 dilihat
Edit Video Pj Bupati Muna Barat Pro Ganjar, Umar Bonte Bakal Tempuh Jalur Hukum
Ketua Umum Relawan Pro Ganjar, La Ode Umar Bonte memberikan tanggapan soal video TikTok Pj Bupati Muna Barat, Bahri. Foto: Sunaryo/Telisik

" Media sosial (medsos) dihebohkan dengan beredarnya video TikTok, Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat, Bahri diduga mengkampayekan salah satu calon anggota DPD RI, La Ode Umar Bonte dan balon Presiden, Ganjar Pranowo "

MUNA, TELISIK.ID - Media sosial (medsos) dihebohkan dengan beredarnya video TikTok, Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat, Bahri diduga mengkampayekan salah satu calon anggota DPD RI, La Ode Umar Bonte dan balon Presiden, Ganjar Pranowo.

Dalam potongan video yang beredar dan telah diedit, Bahri dinilai memperkenalkan seorang calon anggota DPD RI.

"Yang saya hormati, saya banggakan dan ini jauh-jauh dari Jakarta hadir langsung di pertemuan kita hari ini, namanya pak La Ode Umar Bonte, beliau calon Anggota DPD RI ya. Ingat masyarakat saya calon anggota DPD RI dan beliau adalah salah satu tokoh pemuda kita orang Muna yang ada di Jakarta dan beliau juga Ketua Relawan Ganjar. Pro Ganjar ingat masyarakat, pro Ganjar," papar Bahri dalam video.

Baca Juga: Biaya Pengamanan Pilkada Muna Barat Rp 5,2 Miliar

Video tersebut sontak mendapat reaksi dari kalangan masyarakat luas. Apalagi, telah disandingkan dengan pernyataan Presiden, Joko Widodo (Jokowi)  yang menginstruksikan lansung pada Pj kepala daerah agar netral pada Pemilu 2024.

Video tersebut juga sontak mendapat tanggapan langsung dari calon anggota DPD RI, La Ode Umar Bonte.

Kata dia, video tersebut telah diedit. Waktu terjadinya pun saat belum memasuki penetapan calon.

Menurutnya, pro Ganjar yang dimaksud Pj bupati itu, tidak ada kaitanya dengan Balon Presiden, Ganjar Pranowo. Namun, pro Ganjar yang dimaksud adalah gerakan jaringan nasional nusantara (Ganjar). Di mana, ia sebagai ketua umumnya.

"Jadi tidak ada kaitannya dengan Balon Presiden, Ganjar Pranowo," tegas Umar Bonte, Sabtu (11/11/2023).

Ia sebagai calon anggota DPD RI paham aturan pemilu. Di mana, dia tidak boleh terlibat dalan proses dukung mendukung calon presiden. Begitu pula, Pj bupati yang kapasitasnya sebagai ASN.

"Saya sangat sedih, kalau dikaitakan dengan itu (dukung calon presiden)," timpalnya.

Posisinya hadir dalam kegiatan di pelabuhan fery Tondasi atas undangan kapasitas sebagai Ketua DPP KNPI dan Ketua Umum Relawan Pro Ganjar.

Ia sangat menyayangkan ada oknum-oknum yang mengedit video tersebut dengan tujuan untuk menghancurkan Pj Bupati Muna Barat, Bahri.

"Itu bahaya, bisa masuk pidana, karena telah menyebarkan berita hoaks," ujarnya.

Ia pun akan menempuh jalur hukum, bila pengedit dan penyebar video tersebut tidak meminta maaf dan mantakedown videonya.

"Saya beri waktu 1x24 jam untuk minta maaf, kalau tidak, besok (Minggu) saya laporkan ke Polres Muna," tegasnya.

Baca Juga: Keluhan Warga Desa Momuntu Direspon Cepat Pemda Muna Barat

Ia menilai, video tersebut kurang elok, untuk menciptakan situasi politik tidak sehat. Karenanya, ia menghimbau bagi seluruh pemuda agar melakukan hal-hal positif yang tidak mengganggu sistim demokrasi.

"Beda pilihan dan dukungan tidak masalah, tetapi jangan membuat perpecahan dan menyebar hoaks untuk menjatuhkan seseorang," timpalnya.

Sementara itu, Pj Bupati Muna Barat, Bahri mengaku, pernyataannya itu sebelum tahapan pemilu. Kemudian, Pro Ganjar itu adalah organisasi yang dipimpin Umar Bonte, yang tidak ada kaitannya dengan nama salah satu calon presiden.

"Sebagai ASN, ia berkomitmen untuk menjaga netralitas," tegasnya. (B)

Penulis: Sunaryo

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga