Efektifkan Dana Desa, BUMDes Desa Oihu Wakatobi Bangun Usaha Coffee Shop

Wa Ode Hesti, telisik indonesia
Kamis, 03 Oktober 2024
0 dilihat
Efektifkan Dana Desa, BUMDes Desa Oihu Wakatobi Bangun Usaha Coffee Shop
Suasana coffee shop Desa Oihu, Kecamatan Togo Binongko, Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara. Foto: Dedi

" Untuk mempercepat kemajuan ekonomi desa, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desa Oihu, Kecamatan Togo Binongko, Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara, membangun usaha coffee shop "

WAKATOBI, TELISIKI.ID – Untuk mempercepat kemajuan ekonomi desa, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desa Oihu, Kecamatan Togo Binongko, Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara, membangun usaha coffee shop.

BUMDes merupakan badan usaha yang dibentuk oleh pemerintah desa demi mempercepat ekonomi desa untuk kesejahteraan masyarakat. Fungsi BUMDes salah satunya mendukung usaha dengan memperoleh modal dari pemerintah desa.

Pemerintah Desa Oihu membentuk BUMDes kemudian membangun sekretariat yang multifungsi sebagai tempat usaha yang diberi nama BUMDes Permatasari. Coffee shop merupakan salah satu usaha dari Desa Oihu yang dibangun tahun 2022 kemudian diresmikan tahun 2023 dan banyak mendapat respon positif masyarakat.

Baca Juga: Pensiunan TNI Diduga Ditikam OTK Saat Kawal Calon Kepala Daerah di Bantaeng

Kepala Desa Oihu, Sawiun, sangat luar biasa mendukung usaha ini.

“Dari hasil diskusi dengan BPD dan masyarakat, kami menyepakati memilih usaha coffee shop dan saya sangat mendukung kegiatan BUMDes Desa Oihu. Oleh karena itu sebelumnya saya sebagai kepala desa memberikan pelatihan kepada karyawan coffee shop bagaimana melayani pengunjung, membuat kopi dan sebagainya. Kemudian di sini kami bukan hanya fokus di kopi tapi ada snack kripik, BRI link, galon isi ulang dan lainnya,” ujar Sawiun, Kamis (3/10/2024).

Lokasi coffee shop sangat strategis karena Desa Oihu merupakan desa yang berada di tengah di antara desa-desa yang ada di Binongko. Keuntungan yang didapat cukup besar, mencapai Rp 75 juta per bulan. Keuntungan itu dibagi, sebagian masuk ke kas desa, sebagian digunakan untuk menambah modal coffee shop dan membayar gaji karyawan.

Dedi, pendamping desa, mengatakan Desa Oihu adalah salah satu desa yang memanfaatkan dana desa dengan membuka usaha, dan banyak sekali dampak positifnya. Selain meningkatkan perekonomi desa, juga membuka lapangan pekerjaan.

Baca Juga: SD Negeri 2 Pulau Makassar Butuh Perpustakaan Layak untuk Akses Literasi yang Optimal

"Juga memberikan contoh kepada desa-desa yang ada di Binongko bagaimana memanfaatkan dana desa dengan BUMDes dan masih banyak lagi,” ujar Dedi.

Coffee shop ini banyak mendapat respon positif dari masyarakat karena lokasi yang mudah dijangkau dan tempat yang multifungsi. Salah satu pengunjung bernama Lina mengatakan, suasana di coffee shop sangat nyaman.

“Menu yang dijual bukan hanya kopi tapi ada bakso, aneka gorengan, teh dan menu-menu lainnya, sehingga kita bisa memilih mau makan apa. Kemudian di sini kita bisa santai bersama keluarga, teman, bahkan ada ruang yang disediakan untuk diskusi,” ujar Lina. (A)

Penulis: Wa Ode Hesti

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga