Eksotisme Pantai Palahidu, Perpaduan Sejarah dan Keindahan Alam Pulau Binongko

Boy Candra Ferniawan, telisik indonesia
Sabtu, 24 Juli 2021
0 dilihat
Eksotisme Pantai Palahidu, Perpaduan Sejarah dan Keindahan Alam Pulau Binongko
Pantai Palahidu di Kecamatan Binongko, Wakatobi. Foto: Repro Pokdarwismolingua

" Pantai Palahidu memiliki pemandangan indah yang membuat hati siapapun menjadi teduh dan nyaman. "

WAKATOBI, TELISIK.ID - Pantai Palahidu memiliki pemandangan indah yang membuat hati siapapun menjadi teduh dan nyaman.

Pantai Palahidu adalah salah satu objek wisata di Pulau Binongko yang memiliki hamparan pasir putih yang membentang luas, batu karang dan air laut yang jernih.

Lokasinya juga cukup strategis, terletak di pertengahan antara Desa One-One dengan Desa Bante, Kecamatan Binongko, Kabupaten Wakatobi. Para wisatawan dapat berkunjung ke pantai ini menggunakan kendaraan roda dua dan menempuh perjalanan 15-20 menitan saja dari Kelurahan Wali.

Baca juga: Ini 7 Spot Diving Recommended di Pulau Tomia, Wakatobi

Baca juga: Rekomendasi 3 Tempat Wisata Hits, Cocok untuk Foto Prewedding di Pulau Tomia Wakatobi

Setelah sampai, para pengunjung akan disuguhkan dengan keindahan  dan ketenangan pesisir pantai ini.

Rupanya, suasana tentram itu khususnya bisa dirasakan saat musim kemarau, antara Juni sampai sekira awal Oktober. Batuan cadas ditemani langit serta laut biru nan jernih semakin membuat nuansa di pantai itu semakin eksotis.

“Pantai ini sangat cocok untuk camping apalagi memiliki hamparan pasir putih halus di sepanjang pantai, apalagi untuk para pasangan recommended banget. Suasananya damai dan romantis,” ungkap Venti (20), salah satu pengunjung pantai ini.

Wisata Pantai Palahidu sendiri memiliki keunikan tersendiri dimana terletak di dalam teluk yang dikelilingi oleh tanjung di kiri dan kanannya. Terdapat pula jajaran pohon kelapa dan hamparan pasir putih yang terbentang luas yang masih terjaga kebersihannya. Air lautnya yang sangat jernih, cocok untuk aktivitas snorkeling dan diving. Pantai ini akan terlihat indah di kala sore karena dapat dinikmati matahari terbenam di sana.

“Di sekitar pantai terdapat Benteng Palahidu sehingga tempat ini memiliki perpaduan antara sejarah dan keindahan alam, apalagi ditambah pemandangan eksotik saat matahari tenggelam, dipadukan dengan cerita sejarah tentang Benteng Palahidu yang juga berada di kawasan obyek wisata ini,” ungkapnya lagi.

Perlu diketahui, di dalam benteng ini terdapat makam tua yang dikeramatkan oleh masyarakat setempat. Dari atas benteng inilah para wisatawan dapat menyaksikan pemandangan alam dan panorama laut yang terbentang luas di Pantai Palahidu. (C)

Reporter: Boy Candra Ferniawan

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga