adplus-dvertising

Elektabilitas Demokrat Meroket, Ketua DPRD Kolaka Utara: Bukti Rakyat Ingin Perubahan

Muh. Risal H, telisik indonesia
Rabu, 22 Juni 2022
534 dilihat
Elektabilitas Demokrat Meroket, Ketua DPRD Kolaka Utara: Bukti Rakyat Ingin Perubahan
Ketua DPRD Kabupaten Kolaka Utara, Buhari, S.Kel., M.Si dari Partai Demokrat. Foto: Humas DPRD Kolaka Utara

" Berdasarkan survei Litbang Kompas yang dirilis Selasa (21/6/2022), Partai Demokrat masuk tiga besar partai politik elektabilitas tertinggi dengan persentase 11,6 persen "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Elektabilitas Partai Demokrat terus meroket. Berdasarkan survei Litbang Kompas yang dirilis Selasa (21/6/2022), partai pimpinan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) tersebut masuk tiga besar partai politik elektabilitas tertinggi dengan persentase 11,6 persen.

Litbang Kompas sendiri melakukan survei secara berkala. Berdasarkan survei tersebut pada Oktober 2021, elektabilitas Demokrat masih berada di 5,4 persen. Selanjutnya survei di bulan Januari 2022, Demokrat menembus dua digit, yakni 10,7 persen. Dan kini, Demokrat naik kembali mencapai 11,6 persen.

Menanggapi elektabilitas Demokrat yang kian melejit, Ketua DPRD Kolaka Utara (Kolut), Buhari, S.Kel., M.Si menuturkan, hal tersebut merupakan wujud kepercayaan dan harapan rakyat terhadap Partai Demokrat.


"Peningkatan elektabilitas secara signifikan merupakan wujud harapan dan kepercayaan masyarakat yang makin tinggi kepada Partai Demokrat di bawah kepemimpinan AHY," katanya, Rabu (22/6/2022).

Lebih lanjut politisi Demokrat ini mengatakan, elektabilitas Demokrat yang terus meningkat secara konsisten selama setahun terakhir, membuktikan masyarakat menginginkan hadirnya pemimpin yang membawa perubahan.

"Hasil ini membuktikan kepiawaian AHY memimpin Demokrat, sekaligus menjadikan beliau salah satu figur tokoh yang dirindukan masyarakat untuk maju membawa dan perbaikan di Pilpres 2024 mendatang," terangnya.  

Tidak hanya itu, hasil positif ini, terangnya, akan semakin memacu spirit kader Demokrat untuk terus memperjuangkan dan menyuarakan aspirasi dan harapan rakyat, untuk perubahan dan perbaikan sebagaimana yang telah diamankan  Ketua Umum Partai Demokrat.

Kepala Badan Komunikasi Strategis (Bakomstra) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra dalam rilis pers Selasa (21/6/2022) mengungkapkan, Demokrat mengapresiasi hasil survei Litbang Kompas ini.

Menurutnya, ada tiga kunci kenaikan elektabilitas Partai Demokrat. Pertama, konsistensi Partai Demokrat menyuarakan aspirasi masyarakat terkait kebijakan-kebijakan yang tidak berpihak kepada rakyat, yang disampaikan secara terintegrasi di ruang publik, baik di parlemen pusat maupun daerah.

"Hal ini terjadi dikarenakan oleh kepemimpinan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono yang lebih kolaboratif, terbuka, dan menggunakan pendekatan terukur berbasis data, membuat setiap gerak langkah yang diambil Demokrat sesuai dengan harapan publik," katanya.

Baca Juga: Megawati Tindak Tegas Kader PDIP Bicara Koalisi

Kedua, konsolidasi organisasi yang dilakukan oleh Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono juga membuahkan hasil positif. Soliditas semakin terjaga. Kebersamaan dan loyalitas kader semakin terbentuk.

Kesatuan gerak langkah organisasi Partai Demokrat di berbagai tingkatan, kata dia, sebagai buah konsolidasi ini pun, memudahkan Demokrat mendekatkan diri dengan rakyat dan melaksanakan program-program yang bermanfaat bagi rakyat.

"Seperti disampaikan peneliti senior Pusat Riset Politik Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Firman Noor di Harian Kompas (21/6/2022)," ujarnya.

Kunci ketiga,  intensitas dan konsistensi Partai Demokrat dalam membantu rakyat secara masif saat menghadapi kesulitan selama masa pandemi COVID-19 dalam dua tahun terakhir ini merupakan program konkrit yang sangat menyentuh dan bermanfaat langsung bagi rakyat.

"Dengan hasil survei ini tidak akan membuat Demokrat jumawa namun justru akan membuat para kader Demokrat semakin giat dalam mendengarkan dan memperjuangkan aspirasi rakyat khususnya dalam hal perubahan dan perbaikan, karena harapan rakyat adalah perjuangan Demokrat," tutup Herzaky.

Dikutip dari media Kompas.com, survei Litbang Kompas ini melibatkan 1.200 responden yang dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 24 provinsi.

Tingkat kepercayaan metodei ini mencapai 95 persen dengan margin of error penelitian sekitar 2,8 persen

Dalam survei Litbang Kompas, elektabilitas Partai Demokrat sebesar 11,6 persen, mengungguli Partai Golkar dengan elektabilitas 10,3 persen.

Capaian ini merupakan catatan tertinggi yang diraih oleh Partai Demokrat sejak survei Oktober 2019.

Sebelumnya pada survei 2020-2021, Partai Demokrat berada di papan tengah. Namun, posisinya terus bergeser ke papan atas sejak survei Januari 2022.

Dilansir dari Kompas.com, Elektabilitas partai Juni 2022:

PDI-P: 22,6 persen

Gerindra: 12,5 persen

Demokrat: 11,6 persen

Golkar: 10,3 persen

PKB: 5,4 persen

PKS: 5,4 persen

Nasdem: 4,1 persen

PAN: 3,6 persen

PPP: 2 persen

Perindo: 3,3 persen

Hanura: 1,0 persen

PSI: 0,7 persen

PBB: 0,4 persen

Garuda: 0,2 persen

Berkarya: 0,1 persen. (B-Info)

Baca Juga: Bantuan Bakal Calon Wali Kota Kendari Dikabarkan Ditolak, Sulkarnain: Siapa Bilang?

Penulis: Muh. Risal H

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga