adplus-dvertising

Elektabilitas Golkar di Kota Kendari Teratas, PKS Tertinggal Jauh

Musdar, telisik indonesia
Sabtu, 11 Juni 2022
680 dilihat
Elektabilitas Golkar di Kota Kendari Teratas, PKS Tertinggal Jauh
Ketua Golkar Kota Kendari, LM Inarto (kiri) bersama para pengurus partai. Foto: Musdar/Telisik

" Lingkaran Survei Sulawesi (LSS) menempatkan Golkar berada di puncak survei tingkat keterpilihan atau elektabilitas partai politik di Kota Kendari "

KENDARI, TELISIK.ID - Lingkaran Survei Sulawesi (LSS) menempatkan Golkar berada di puncak survei tingkat keterpilihan atau elektabilitas partai politik di Kota Kendari. Partai yang dikomandoi LM Inarto itu memperoleh 151 suara jauh meninggalkan kompetitornya.

Posisi kedua ditempati Gerinda dengan perolehan 125 suara, PDIP 93 suara. Sementara PKS yang saat ini merupakan partai penguasa di Kota Kendari memperoleh 81 suara.

Kemudian diurutan berikutnya NasDem 63 suara, Demokrat 58 suara, PAN 40 suara, PKB 14 suara, Hanura 10 suara, Perindo 10 suara, PPP 8 suara, Garuda 5 suara, PBB 4 suara, Gelora 3 suara, PSI 2 suara dan Berkarya, Partai Kebangkitan Nusantara serta Partai Adil Makmur masing-masing 1 suara. Sementara 430 suara belum menentukan pilihan.


Direktur Eksekutif LSS, Andi Muhammad Hasgar mengatakan survei tersebut dilaksanakan 26 Mei hingga 4 Juni 2022 dengan melibatkan 1.100 responden yang tersebar di 11 kecamatan se-Kota Kendari yang dipilih secara acak bertingkat (multistage random sampling). Dan margin error kurang lebih 2,95 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

"Survei ini diadakan untuk mengetahui preferensi pemilih Kota Kendari menuju Pilkada 2024," kata Andi Muhammad Hasgar," Sabtu (11/6/2022).

Baca Juga: Soal Pergantian Ketua DPRD Muna, WON: Jangan Manipulasi Publik dengan Bahasa Hukum

Menanggapi itu, Wakil Ketua Bidang Komunikasi Partai Golkar Kota Kendari, LM Rajab Jinik meyakini hasil survei tersebut merupakan bagian dari penilaian masyarakat atas pendekatan dan kerja-kerja kader baik internal maupun perwakilan fraksi di di DPRD.

Rajab menegaskan bahwa hasil survei yang ada tidak membuat Golkar jumawa, tetapi menjadi bagian dari rujukan untuk terus berbuat meningkatkan elektabilitas dan popularitas partai.

"Saya pikir masyarakat Kota Kendari masyarakat yang memang tingkat SDM menengah yang bisa menilai atas apa yang menjadi kinerja Golkar selama ini," ucap Ketua Komisi III DPRD Kota Kendari ini.

Baca Juga: Pergantian Ketua DPRD Muna Tak Masuk Agenda Bamus, WON Minta Fraksi Hanura Bertindak

Sementara itu, Ketua Bappilu Golkar Kota Kendari, Sahabuddin menerangkan hasil survei LSS menjadi cambuk untuk partai agar lebih jeli melihat peluang yang ada terkait bagaimana memasifkan gerakan partai di masyarakat.

Menurut Sahabuddin, ketika mesin partai bergerak masif maka akan berdampak positif pada perhelatan Pemilu 2024, baik itu pilpres, pilgub, pilcaleg DPRD provinsi, kabupaten/kota serta pilkada.

"Persoalan hasil survei yang menunjukkan Golkar berada di posisi teratas itu jangan membuat kita terlalu berbesar hati atau berbangga diri tapi itu dilihat sebagai upaya kerja-kerja kita bersama termasuk hal-hal yang kita lakukan dibeberapa hari terakhir ini seperti misalnya Golkar Menyapa," jelasnya. (A)

Penulis: Musdar

Artikel Terkait
Baca Juga