Elektabilitas Selalu Tinggi, PDIP Jawara di Jawa Timur

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Senin, 29 Agustus 2022
0 dilihat
Elektabilitas Selalu Tinggi, PDIP Jawara di Jawa Timur
Direktur SSC, Mochtar W Oetomo dan peneliti senior Surokim sedang memberi penjelasan hasil survei parpol di Jawa Timur. Foto: Ist.

" Dari hasil survei yang dilakukan oleh Surabaya Survey Center (SSC), partai besutan Megawati Soekarnoputri ini masih menjadi jawara "

SURABAYA, TELISIK.ID -  PDIP tak akan terkalahkan di Jawa Timur dalam elektabilitas parpol. Pasalnya, dari hasil survei yang dilakukan oleh Surabaya Survey Center (SSC), partai besutan Megawati Soekarnoputri ini masih menjadi jawara.

Direktur SSC, Mochtar W Oetomo mengungkapkan, PDIP berada di posisi puncak dengan perolehan 27,2 persen untuk elektabilitas partai politik.

“Baru kemudian disusul oleh PKB dan Gerindra yang masing-masing mengantongi 19 persen dan 11 persen di urutan kedua dan ketiga,” paparnya, Senin (29/8/2022).

Mochtar menambahkan, selain tiga posisi teratas, partai lain pun mengikuti seperti Golkar dan Demokrat dengan perolehan keduanya 6,8 persen, Nasdem dengan 3,5 persen, PKS dengan 3,4 persen, PPP 3,1 persen dan PAN dengan 2,2 persen.  

“Lainnya masih di bawah 2 persen, yakni Perindo 1,5 persen, PSI 0,3 persen, sisanya Garuda, Berkarya, Hanura, PBB, PKPI, Ummat, Gelora, PKN dan PRIMA semuanya memperoleh sama yakni 0,1 persen”, imbuhnya.

Baca Juga: PAN Umumkan 9 Bakal Capres 2024, Nama Puan Maharani Disoraki

Menariknya, di survei elektabilitas partai masih ada 14,3 persen yang belum menentukan pilihan atau menyatakan tidak tahu.

"Ini berarti masih ada peluang yang cukup besar untuk diperebutkan dan digarap oleh partai-partai lainnya,” jelasnya.

Sedangkan peneliti senior SSC, Surokim Abdussalam mengatakan, PDIP juga masih bertengger di puncak sebagai partai politik paling peduli terhadap rakyat kecil. PDIP, lanjutnya berada di posisi puncak dengan perolehan 29,6 persen untuk partai politik paling peduli terhadap rakyat kecil.

“Baru kemudian disusul oleh PKB dan Gerindra yang masing-masing mengantongi 17,2 persen dan 8,2 persen di urutan kedua dan ketiga,” paparnya.

Baca Juga: Rajiun Tumada Disiapkan Tarung Pilgub Sulawesi Tenggara

Surokim menambahkan, selain tiga posisi teratas, partai lain pun mengikuti seperti Demokrat dengan 6,2 persen, Nasdem dengan 5,4 persen, Golkar dengan 4,8 persen, dan Perindo 3,4 persen, serta PKS dengan 2 persen.  

Sementara lainnya masih di bawah 2 persen, yakni PAN 1,4 persen, PPP dengan 1,7 persen, sisanya Garuda, PBB dan Hanura, Masing-masing memeroleh 0,2 persen.

"Sedangkan Partai Ummat, Gelora, PKN dan PRIMA semuanya memeroleh sama, yakni 0,2 persen dan yang terakhir adalah PKS,” terangnya. (B)

Penulis: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Kardin

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga