Emak-emak Serbu Pasar Murah di Bombana

Hir Abrianto, telisik indonesia
Rabu, 02 November 2022
0 dilihat
Emak-emak Serbu Pasar Murah di Bombana
Suasana saat emak-emak bertransaksi saat pasar murah di RTH Bombana. Foto: Hir Abrianto/Telisik

" Pasar murah digelar oleh Dinas Perindagkop Kabupaten Bombana diserbu emak-emak "

BOMBANA, TELISIK.ID - Pasar murah digelar oleh Dinas Perindagkop Kabupaten Bombana diserbu emak-emak.

Penjabat (Pj) Bupati Bombana, Burhanuddin saat membuka resmi pasar di RTH Kasipute mengatakan, pasar murah ini digelar sebagai upaya menjaga stabilitas harga dan ketahanan pangan di Bombana pasca kenaikan harga BBM.

"Kita melakukan ini agar kenaikan BBM tidak berdampak pada harga jual barang di pasar dan pangan kita terjaga dan tetap terkendali," ucap Burhanuddin, Rabu (2/11/2022).

Dalama pantauan Telisik.id, pengunjung berdesakan untuk mendapatkan barang incaran yang dijual murah.

Baca Juga: Jatah PPPK di Muna 272, Pendaftaran Mulai Dibuka

Kepala Dinas Perindagkop Bombana, Asis Fair mengatakan, sebagai dinas terkait hanya memfasislitasi para penjual untuk menjajakan dagangannya. Namun dengan harga di bawah pasaran.

"Jika masyarakat tidak puas, maka kami akan buka pasar murah di MTQ dua hari. Segala jenis bahan pokok seperti sayur, telur, gula, tepung, beras serta bahan sembako lainnya tersedia," jelasnya.

Bahan makanan pokok yang dipasarkan melalui pasar murah ini disubsidi oleh pemerintah daerah, hal itu juga dilakukan untuk mengantisipasi kelangkaan barang dan lonjakan harga yang tidak terkendali yang kerap terjadi disebabkan oleh perubahan musim, kebijakan nasional serta pengaruh lainnya.

Contohnya, Harga tomat di pasar saat ini mencapai Rp 7.000 per kilogram, sementara pasar murah ini dijual dengan harga Rp 3.000 per kilogram.

Baca Juga: Polda Sulawesi Selatan Segera Tetapkan Tersangka Kasus Dugaan Korupsi BPNT

Sementara telur memiliki harga pasar Rp 55.000-Rp 60.000 kini dijual dengan harga Rp 43.000.

Lebih lanjut dijelaskan oleh Kepala Bidang Perdagangan, Dinas Perindagkop mengatakan, pasar murah ini juga akan digelar di 11 titik tersebar di 22 Kecamatan.

"Kita akan gelar pasar murah menyentuh semua kecamatan, 11 titik menyesuaikan waktu pimpinan kapan dan di mana akan dilaksanakan. Nanti kami sampaikan kepada masyarakat di mana saja tititknya," pungkanya. (A)

Penulis: Hir Abrianto

Editor: Kardin

Baca Juga