Empat Kelurahan di Kota Kendari Dicanangkan Bersih Narkoba

Eni Eka Wisda, telisik indonesia
Jumat, 05 Maret 2021
0 dilihat
Empat Kelurahan di Kota Kendari Dicanangkan Bersih Narkoba
Penandatanganan kesepakatan Kelurahan Bersinar. Foto: Musdar/Telisik

" Pemilihan empat kelurahan tersebut karena berdasarkan diskusi antara pemerintah Kota Kendari, mempertimbangkan tingginya angka paparan narkoba di empat kelurahan itu. "

KENDARI, TELISIK.ID - Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sulawesi Tenggara mencanangkan empat kelurahan bersih narkoba (Bersinar).

Empat kelurahan itu adalah Kelurahan Sanua dan Kemaraya di Kecamatan Kendari Barat, Kelurahan Kadia di Kecamatan Kadia, dan Kelurahan Mandonga di Kecamatan Mandonga.

Kepala BNNP Sultra Brigjen Pol Sabaruddin Ginting mengatakan, program Kelurahan Bersinar bertujuan untuk menjadikan desa/kelurahan sebagai garda terdepan pemberantasan narkoba.

"Pemilihan empat kelurahan tersebut karena berdasarkan diskusi antara pemerintah Kota Kendari, mempertimbangkan tingginya angka paparan narkoba di empat kelurahan itu," jelasnya saat ditemui awak media di Kantor Kecamatan Kadia, Jumat (5/3/2021).

Dikatakan, BNNP bersama Pemerintah Kota Kendari (Pemkot) melaksanakan tiga upaya bersinar, yaitu pencegahan, rehabilitasi dan pemberantasan.

Baca juga: Jadwal dan Harga Tiket KM Ciremai Maret 2021

Sementara Wali kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengatakan, sebagai pelaksanaan Kelurahan Bersih Narkoba di Kota Kendari, dimulai dari empat kelurahan yang telah dipilih.

"Kalau ada masyarakat yang terpapar narkoba kita bisa lakukan pencegahan  atau rehabilitasi dan akan didampingi. Kalau dibiarkan, akan menjadi pintu masuk tersebarnya penyalahgunaan narkoba," jelasnya.

Ia juga menjelaskan, mekanisme program Kelurahan Bersinar ini sudah dimulai dan melibatkan RT/RW  sehingga semakin kecil ruang untuk penyalahgunaan narkoba.

Di tempat yang sama, Lurah Kadia, Ishak mengungkapkan, Narkoba menjadi salah satu musuh masyarakat bukan hanya BNN.

"Saya sangat bersyukur karena Kelurahan Kadia ditetapkan sebagai salah satu Kelurahan Bersinar. Kami siap mendukung program kerja BNN," ucapnya.

Pencanangan Kelurahan Bersinar ini dirangkaikan pula dengan deklarasi pernyataan sikap lurah se-Kota Kendari berisi komitmen para lurah untuk membentuk Pokja, Satgas dan pegiat anti narkoba di kelurahan masing-masing. (A)

Reporter: Eni Eka Wisda

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga