Empat Negara jadi Pembicara Tingkatkan Profesional Kedokteran dan Kesehatan di Fakultas Kedokteran UHO

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Sabtu, 23 September 2023
0 dilihat
Empat Negara jadi Pembicara Tingkatkan Profesional Kedokteran dan Kesehatan di Fakultas Kedokteran UHO
Peserta kegiatan the first international conference medical and health sciences UHO Kendari. Foto: Nur Khumairah/Telisik

" Membangun jaringan kolaborasi antara ilmuwan nasional dan internasional, Fakultas Kedokteran, Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari menggelar The First International Conference Medical and Health Sciences Halu Oleo (IMHO) "

KENDARI, TELISIK.ID - Membangun jaringan kolaborasi antara ilmuwan nasional dan internasional, Fakultas Kedokteran, Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari menggelar The First International Conference Medical and Health Sciences Halu Oleo (IMHO).

IMHO merupakan konferensi internasional pertama yang diselenggarakan oleh Fakultas Kedokteran, UHO yang bertujuan sebagai sarana kolaborasi yang diperuntukkan bagi mahasiswa, dosen, peneliti, profesional, dan praktisi di bidang kedokteran dan kesehatan.

Serta berbagai latar belakang pendidikan, juga pemangku kepentingan dalam berbagi informasi yang dapat dijadikan masukan untuk memecahkan isu atau permasalahan kesehatan saat ini.

Wakil Dekan I, Fakultas Kedokteran UHO, dr I Putu Sudayasa menyebut, kegiatan tersebut merupakan pekan ilmiah.

Baca Juga: Dishub Sulawesi Tenggara Bentuk Tim Terpadu Awasi Pengguna Terminal Khusus

"Tahun ini memang kita rencanakan international conference dengan menjalin kolaborasi antara berbagai bidang keilmuwan, baik di bidang kedokteran maupun ilmu kesehatan lainnya, untuk berbagi ilmu," ujarnya pada Telisik.id, Sabtu (23/9/2023).

Narasumber berasal dari empat negara, yakni Amerika Serikat, Taiwan, Malawi, Vietnam, dan Indonesia sebagai tuan rumah. Kegiatan itu menjadi sarana bagi para peneliti untuk mempublikasikan temuannya dan membuka peluang besar untuk membangun jaringan kolaborasi antara ilmuwan nasional dan internasional.

Ketua panitia kegiatan, Sri Susanty mengatakan, kegiatan itu menghadirkan 300 peserta ofline dari berbagai universitas dan dari latarbelakang profesi yang beragam. Kegiatan ini menjadi ajang kolaborasi riset bagi fakultas kedokteran dengan lintas profesi lainnya sehingga lebih mudah untuk mendapatkan informasi ataupun mendapatkan update keilmuan di bidang Kedokteran dan kesehatan.

"Sebenarnya hari ini kegiatan akan dibuka oleh Rektor UHO, Muh Zamrun Firihu dan Dekan Fakultas Kedokteran, dr Juminten Saimin, namun berhalangan karena sedang berada di Belanda untuk menghadiri kegiatan ilmiah di bidang kedokteran,” pungkasnya.

Ke depannya diharapkan output kegiatan ini menjadi ajang kolaborasi baik dari universitas dalam negeri maupun dari universitas luar negeri dalam melakukan research di bidang kedokteran, keperawatan, farmasi, kesehatan masyarakat dan bidang ilmu lainnya yang berkorelasi.

Baca Juga: Pj Gubernur dan DPRD Sulawesi Tenggara Sepakati Perubahan KUA dan PPAS 2023

Selain bertujuan mempererat tali silaturahmi antar alumni, praktisi dan professional lainnya, IMHO ini juga hadir untuk meningkatkan kualitas sumberdaya manusia (SDM) baik tingkat sarjana, magister, maupun tingkat doktoral di Fakultas Kedokteran UHO guna meningkatkan kualitas diri ketika kembali ke masyarakat.

Dari segi topik, konferensi ini membahas topik-topik yang cukup luas di bidang ilmu kedokteran dan kesehatan. Konferensi ini dihadiri oleh panitia pelaksana IMHO dari para dosen di empat program studi, staf dan alumni Fakultas Kedokteran UHO. 

The first international conference ini juga menjadi rangkaian dalam memperingati Dies Natalies yang ke-12 Fakultas Kedokteran, UHI. Peserta terdiri dari dosen, peneliti, profesional, mahasiswa, lintas profesi kedokteran, keperawatan, farmasi, kesehatan masyarakat, dan sebagainya. Kegiatan ini digelar selama sehari sejak 08.00 sampai 17.00 Wita di Hotel Claro Kendari. (B)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga