adplus-dvertising

Empat Titik Pijat Refleksi di Kaki

Haidir Muhari, telisik indonesia
Jumat, 16 Oktober 2020
100537 dilihat
Empat Titik Pijat Refleksi di Kaki
Ilustrasi pijat refleksi di kaki. Foto: Repro Alodokter.com

" Pijat refleksi adalah salah satu teknik pijatan pada tubuh. Berbeda dari jenis pijat lainnya, pijat refleksi memiliki titik-titik tertentu pada tubuh. Kamu perlu mengetahui titik tersebut sebelum memijatnya, untuk memberikan hasil maksimal pada organ tertentu pada tubuh. "

KENDARI, TELISIK.ID - Pijat refleksi yang terkenal khasiatnya untuk organ tubuh adalah di kaki.

Meski dilakukan pijatan di kaki, tetapi hal itu mampu membuat tubuh jadi rileks. Manfaat lainnya adalah bisa mengatasi stres, serta menjaga kesehatan organ tubuh.

Pijat refleksi adalah salah satu teknik pijatan pada tubuh. Berbeda dari jenis pijat lainnya, pijat refleksi memiliki titik-titik tertentu pada tubuh. Kamu perlu mengetahui titik tersebut sebelum memijatnya, untuk memberikan hasil maksimal pada organ tertentu pada tubuh.


Telisik.id melansir dari Gooddoctor bahwa sistem kerja pijat refleksi melalui rangsangan ke sistem saraf. Dari rangsangan itu lalu dikirim ke sistem saraf pusat.

Sistem saraf pusat akan mengirimkan sinyal yang akan membuat tubuh lebih rileks. Serta dianggap dapat membantu melancarkan aliran darah, pernapasan, respons kekebalan yang akan memengaruhi organ-organ di dalam tubuh.

Baca juga: Suka Begadang? Yuk Kenali Dampak Buruknya Bagi Kesehatan

Pijat refleksi berasal dari Mesir dan Cina Kuno. Lalu William H Fitzgerald mengembangkan teori refleksi dan mengenalkan zonasi refleksi pada 1915. Kemudian dikembangkan lagi menjadi refleksi modern.

 

Titik pijat refleksi di kaki. Foto: Repro Tigapilarnews.com

 

Pembaca yang budiman, sebelum melakukan pijat refleksi, penting mengetahui lebih dulu empat zonasi titik yang ada di telapak kaki.

1. Zona kepala

Untuk mendapatkan manfaat pijat refleksi di bagian kepala, hal yang dilakukan adalah dengan menekan titik-titik di bagian ujung kaki, mulai dari jari-jari kaki hingga batas lengkung jari.

2. Zona dada

Organ yang berada di sekitar dada termasuk jantung dan paru-paru termasuk dalam zona dada. Hal yang dilakukan untuk mendapatkan khasiat pijat refleksi di zona dada adalah melakukan pijatan pada titik-titik di bagian bawah jari kaki hingga bagian tengah telapak kaki.

3. Zona perut

Melakukan pijatan pada kaki bagian tengah, akan memberikan pengaruh pada organ yang berada di bagian perut. Pijat refleksi di zona ini akan memberikan pengaruh pada organ seperti ginjal, pankreas dan organ sistem pencernaan lain.

4. Zona panggul

Pijat refleksi yang dilakukan di sekitar tumit, akan memberikan manfaat pada tubuh atau organ di sekitar panggul. Sebut saja masalah pada pinggang, rektum, kaki, kamu membutuhkan pijat refleksi di zona ini.

Baca juga: Manfaat Bunga Putri Malu yang Tak Terduga

Coba tiga jenis pijatan berikut ini yang bisa dilakukan sendiri di rumah.

1. Meredakan nyeri tubuh

Caranya adalah duduk di kursi, lalu letakan bola di bawah telapak kaki, bisa gunakan bola tenis atau golf. Lalu gulingkan bola itu dengan telapak kaki. Lakukan beberapa menit untuk membantu meredakan nyeri secara umum.

2. Nyeri punggung bagian bawah

Tekan dan pijat bagian tepi telapak kaki. Lakukan pijatan dari bagian bawah jari hingga mendekati tumit. Lakukan beberapa kali untuk meredakan nyeri punggung bagian bawah.

3. Mengatasi rasa cemas

Lakukan pijatan di bawah ibu jari kaki, hingga ke bagian tengah telapak kaki. Hasilnya akan membantu mengatasi rasa cemas.

Manfaat lain dari pijat refleksi secara luas sebagai berikut.

1. Meredakan sakit kepala dan migrain

2. Gangguan pencernaan

3. Radang sendi

4. Insomnia

5. Hormon tidak seimbang

6. Cedera olahraga

7. Gangguan menstruasi

8. Masalah pencernaan

9. Serta sklerosis ganda.

Untuk hasil yang maksimal, misal untuk pengobatan atau perawatan khusus, lakukan di bawah bimbingan ahli. Semoga bermanfaat. (C)

Reporter: Haidir Muhari

Editor: Kardin

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga