Empat TPS di Baubau Berpotensi PSU, Bawaslu Ungkap Alasannya

Elfinasari, telisik indonesia
Senin, 19 Februari 2024
0 dilihat
Empat TPS di Baubau Berpotensi PSU, Bawaslu Ungkap Alasannya
4 TPS berpotensi PSU di Kota Baubau. Foto: Elfinasari/Telisik

" Sebanyak empat Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kota Baubau memiliki potensi untuk melakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU) "

BAUBAU, TELISIK.ID - Sebanyak empat Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kota Baubau memiliki potensi untuk melakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU).

Koordinator Divisi Bidang Pelanggaran Pemilu Bawaslu Kota Baubau, M Syahran S, menyatakan bahwa saat ini terdapat potensi PSU di empat TPS, yakni di Kecamatan Batupuaro, Kecamatan Betoambari, Kecamatan Kokalukuna, dan Kecamatan Wolio.

Jumlah rekomendasi potensi PSU sebelumnya adalah tiga, namun bertambah satu setelah menerima laporan terbaru dari Kecamatan Wolio.

“Penyebabnya itu salah satunya yaitu karena menggunakan hak pilih orang lain, namun hal ini masih dalam proses,” ucapnya, Senin (19/2/2024) sore.

Baca Juga: Rapat Pleno Kecamatan Wolio Kota Baubau Ditunda

Bawaslu, kata dia, dari tingkat kecamatan, telah memberikan rekomendasi kepada KPU untuk melaksanakan PSU dan penentuan waktu pelaksanaan PSU akan ditetapkan oleh KPU.

“Batas waktu penemuan PSU adalah 10 hari, dan pelaksanaannya itu menunggu jadwal dari KPU dan akan dilakukan dalam waktu dekat,” ucapnya.

Terkait dengan dugaan tindak pidana, meskipun ada indikasi, tetapi masih memerlukan proses lebih lanjut untuk menentukan keputusan. Proses koordinasi telah dilakukan dengan melibatkan pihak kejaksaan dan kepolisian dalam tindak pidana pemilu.

Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Wolio, Muhammad Yunus Fahimuddin, mengungkapkan bahwa sudah ada surat rekomendasi PSU yang masuk, namun kajian dan diskusi dengan PPK lainnya masih dilakukan.

Baca Juga: Partai Golkar Diprediksi Tetap Pimpin DPRD Baubau

“Saat ini, dari rekapitulasi yang saya baca, baru satu kelurahan yang berpotensi PSU di Kecamatan Wolio,” ucapnya.

Pj Wali Kota Baubau, Muh. Rasman Manafi, menekankan pentingnya pengamanan yang lebih ketat selama pelaksanaan PSU. Semua pihak harus bekerja sama untuk mencegah terulangnya kecurangan seperti pada Pemungutan Suara tanggal 14 Februari 2024.

"Jangan sepelekan apapun masalah yang ada, sekecil apapun masalahnya harus kita selesaikan dengan serius," tuturnya.

Saat ini, KPU Baubau telah melaporkan kesiapan logistik dan administrasi mencapai 100 persen. Selain itu, akan diadakan penyegaran pemahaman bagi penyelenggara TPS. (A)

Penulis: Elfinasari

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga