Enam Tahanan Kabur dari Penjara Ditangkap Kembali

Reza Fahlefy, telisik indonesia
Senin, 21 November 2022
0 dilihat
Enam Tahanan Kabur dari Penjara Ditangkap Kembali
Petugas kepolisian dari Polres Toba dan Polda Sumatera Utara mengamankan tahanan (tangan diborgol) kasus pencurian melarikan diri dari penjara Polres Toba. Foto: Humas Polres Toba

" Enam tahanan yang kabur dengan merusak jeruji penjara, kembali ditangkap tim Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Toba dan Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Sumatera Utara "

MEDAN, TELISIK.ID - Enam tahanan yang kabur dengan merusak jeruji penjara, kembali ditangkap tim Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Toba dan Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Sumatera Utara.

Adapun enam tahanan yang sempat kabur dan kembali diamankan adalah Dennis Grantino Sibuea (30), Monray Sibarani dan Jumadi Tambunan yang terjerat atas kasus narkotika. Selanjutnya Rebana Mardova Lubis (19), Janter Hot Marihot dan Lorensus Sitorus yang terjerat kasus pencurian.

Kepala Subbagian Humas Polres Toba, Iptu Bungaran Samosir membenarkan adanya penangkapan itu. Bahkan pelarian enam tahanan itu sudah berada jauh dari kediamannya.

"Semua sudah diamankan kembali. Empat orang kami amankan di kawasan Sitorang, satu tahanan di Tapanuli Utara dan satu lagi di Sibisa," kata Bungaran, Senin (21/11/2022).

Baca Juga: Anggota Polisi Kecewa dengan Oknum Penyidik Polsek Medan Kota karena Laporan Mandek

Menurutnya, proses pencarian terhadap enam tahanan ini memakan waktu lima hari setelah kabur dari rumah tahanan sementara Polres Toba. Bahkan, mereka kerap berpindah-pindah lokasi untuk menghilangkan jejak.

"Jadi, yang terakhir kami amankan adalah Lorensus Sitorus yang terjerat kasus pencurian. Dia selalu berpindah pindah tempat, dia kami amankan di Tapanuli Utara. Diamankan Minggu 20 November 2022," ungkapnya.

Saat ini, enam tahanan ini telah dikumpulkan kembali di dalam satu sel tahanan. Motif mereka melakukan pelarian karena ingin terbebas dari hukum.

Pastinya, semuanya telah merencanakan pelarian itu. Tapi, mereka semua bisa ditangkap kembali. Kerjasama dari Polres Toba dan Polda Sumatera Utara. Status tahanan yang diamankan masih pengembangan.

"Sedangkan berkas berita acara pemeriksaan (BAP) dalam waktu dekat akan dilimpahkan ke kejaksaan setempat," terangnya.

Atas ada tahanan yang melarikan diri dari dalam sel atau penjara Polres Toba, Polda Sumatera Utara. Petugas penjagaan dan pengawasan informasi diperiksa tim dari Profesi dan Pengamanan (Propam) Polda Sumatera Utara.

Baca Juga: Peredaran Sabu Digagalkan di Surabaya

Kepala Bidang Humas Polda Sumatera Utara, Kombes Pol Hadi Wahyudi ketika dikonfirmasi, membenarkan adanya pemeriksaan itu.

"Iya, awalnya fokus melakukan pengejaran terhadap tahanan yang kabur. Setelah itu, tim internal dari Propam Polda Sumatera Utara dan Polres Toba melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah petugas yang bertanggungjawab terhadap tahanan itu," ucap Kombes Pol Hadi Wahyudi.

Informasi yang dihimpun, ada enam orang yang dilakukan pemeriksaan. Dikarenakan disaat itu sedang piket penjagaan dan pengawasan.

"Untuk hasil pemeriksaan nanti akan kami sampaikan kembali," terangnya. (B)

Penulis: Reza Fahlefy

Editor: Kardin

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga