Endang Sesalkan Pernyataan Surunuddin yang Sebut Demo KBPM Konsel di Politisasi

Siswanto Azis, telisik indonesia
Selasa, 21 Juli 2020
0 dilihat
Endang Sesalkan Pernyataan Surunuddin yang Sebut Demo KBPM Konsel di Politisasi
Wakil Ketua DPRD Sultra, Muhamad Endang SA. Foto: Siswanto Azis/Telisik

" Gerakan kemarin itu merupakan akumulasi gerakan sebelumnya yang belum dilaksanakan sesuai tuntutan mahasiswa, dengan alasan, karena anggaran itu di refocusing untuk penanganan COVID-19. "

KENDARI, TELISIK.ID - Wakil Ketua DPRD Sultra, Muhamad Endang SA menyayangkan pernyataan Bupati Konawe Selatan (Konsel), Surunuddin Dangga atas aksi Keluarga Besar Pemuda dan Mahasiswa (KBPM) Konsel,

Di mana dalam pernyataan Surunuddin Dangga, unjuk rasa yang dilakukan oleh KBPM Konsel baru-baru ini terkait pembangunan asrama diduga ditunggangi dan dipolitisasi menjelang Pilkada.

Menurut Endang, pernyataan Surunuddin spontan telah melukai dan menghina pergerakan yang menuntut hak sebagai mahasiswa untuk mendapat fasilitas pendidikan berupa asrama mahasiswa Konsel yang rencananya akan didirikan di Kendari.

Apalagi menurut Endang, aksi demonstrasi tersebut bukan untuk yang pertama kalinya, namun sudah berulang kali. Bahkan demonstrasi sebelumnya, Pemerintah Daerah (Pemda) Konsel telah menyepakati dan menanda tangani perihal pembangunan asrama.

"Gerakan kemarin itu merupakan akumulasi gerakan sebelumnya yang belum dilaksanakan sesuai tuntutan mahasiswa, dengan alasan, karena anggaran itu di refocusing untuk penanganan COVID-19," katanya, Selasa (21/7/2020).

Olehnya kata Endang, sangat keliru jika seorang nomor satu di Konsel mengaitkan pergerakan mahasiswa ditunggangi dan dipolitisasi menjelang pesta demokrasi lima tahunan ini.

"Saya dapat informasi, jika masih ada proyek-proyek lain yang berjalan, padahal sebelumnya sudah ada komitmen yang ditanda tangani oleh bupati bersama mahasiswa yang disaksikan oleh Pimpinan DPRD Konsel dan Sekda," terangnya.

Baca juga: Samsul Bahri dan Andi Merya Nur Masih Berburu Partai di Koltim

Ketua Domokrat Sultra itu mengatakan, bingung jika masih ada seorang pemimpin yang memiliki pemahaman dengan pola-pola Orde Baru yang setiap gerakan atau aspirasi bukan dilihat dari isi, tapi selalu dikaitkan dengan aspek keamanan. seolah-olah ada yang menunggangi.

Untuk itu, Endang meminta kepada Surunuddin untuk mengklarifikasi perihal pernyataannya yang dianggap akan menimbulkan tensi di tahun politik ini menjadi panas.

"Saya minta Pak Surunuddin mengklarifikasi, apakah memang beliau punya informasi. Karena saya yakin beliau punya saluran informasi yang mengatakan demo ini ditunggangi oknum-oknum yang mempunyai keterkaitan Pilkada," pintanya.

Oleh karena itu, Endang menegaskan, menjelang Pilkada 2020 serentak, khusunya di Konsel agar tidak ada pernyataan yang dapat membenturkan antar masyarakat, terlebih untuk mengaitkan sesama kontestan.

"Saya kira di masa Pilkada ini, sebagai senior (Surunuddin) dan masih menjabat sebagai bupati yang memiliki tanggung jawab menjaga kondusifitas daerah ini. Sehingga saya minta jangan sekali-sekali melontarkan pernyataan yang dapat membuat Pilkada Konsel jadi panas," tukasnya.

Untuk diketahui aksi demonstrasi yang dilakukan KBPM Konsel digelar di kantor Bupati Konsel, Senin (20/7/2020) kemarin, menuntut kejelasan pembangunan Asrama Mahasiswa Konsel di Kendari.

Reporter: Siswanto Azis

Editor: Kardin

Baca Juga