Erdogan Bakal Ganti Nama Resmi Turki Jadi Turkiye

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 27 Januari 2022
0 dilihat
Erdogan Bakal Ganti Nama Resmi Turki Jadi Turkiye
Ilustrasi Masjid Aya Sofia di Turki. Foto: Repro Instagram @stuguide

" Pemerintah Turki di bawah kepemimpinan Recep Tayyip Erdogan berencana mengubah nama resmi negaranya dari Turki menjadi Turkiye "

ANKARA, TELISIK.ID - Pemerintah Turki di bawah kepemimpinan Recep Tayyip Erdogan berencana mengubah nama resmi negaranya dari Turki menjadi Turkiye.

Melansir cnnindonesia.com, hal tersebut disampaikan Kantor Kepresidenan Turki yang menyatakan, "Türkiye" lebih merepresentasikan identitas bangsa.

Menurut mereka, Turkiye lebih mewakili dan mengekspresikan budaya, peradaban, serta nilai bangsa dengan baik. Apalagi dalam bahasa setempat, Turkiye berarti Turki.

Menurut laporan Middle East Monitor, pemerintah akan mendaftarkan nama baru Turki itu ke Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) dalam beberapa pekan ke depan.

Namun, penulisan nama ini menjadi sorotan karena huruf "Ü" dalam Turkiye tidak ada dalam abjad Latin nominal, dan ini dianggap bisa menjadi masalah.

Meski nama itu belum diresmikan, dua media internasional Turki, Anadolu dan TRT World, kini sudah mulai menggunakan Turkiye dalam laporan mereka.

Mengutip viva.co.id, Turki adalah satu-satunya negara mayoritas Islam yang menganut paham sekuler. Di Turki urusan Agama terpisah dengan urusan negara dan pemerintahan.

Baca Juga: Usai 30 Tahun Cekcok, Kini Arab Saudi-Thailand Sepakat Rujuk

Sebagian besar penduduk Turki menganut agama Islam dengan persentase sebesar 99,8% umat muslim dari keseluruhan penduduk Turki.

Baca Juga: Panik Harga Babi Meroket, Warga di Negara Ini Beralih Konsumsi Daging Buaya

Sebagian besar muslim di Turki mengikuti paham sunni dan sebagian kecil lainnya dalah kaum Syi'ah yang terdiri berbagai sekte, seperti Alevi, Ja'fari, dan Alawi. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga