Euro 2024: Lamine Yamal Pecahkan Rekor Final Internasional Pele

Mustaqim, telisik indonesia
Senin, 15 Juli 2024
0 dilihat
Euro 2024: Lamine Yamal Pecahkan Rekor Final Internasional Pele
Pemain Spanyol, Lamine Yamal, dengan medali emas final Euro 2024 yang diraihnya bersama tim. Foto: Repro euro.com

" Pemain depan Spanyol, Lamine Yamal, menjadi pemain termuda yang pernah tampil di final Piala Dunia FIFA atau Kejuaraan Eropa UEFA. Dia melampaui rekor yang dibuat oleh legenda Brasil, Pele, pada tahun 1958 "

BERLIN, TELISIK.ID - Pemain depan Spanyol, Lamine Yamal, menjadi pemain termuda yang pernah tampil di final Piala Dunia FIFA atau Kejuaraan Eropa UEFA pada Senin (15/7/2024) dinihari WIB melawan Inggris. Dia melampaui rekor yang dibuat oleh legenda Brasil, Pele, pada tahun 1958.

Yamal berusia 17 tahun pada hari Sabtu (13/7/2024) dan pemain Barcelona itu merayakannya dengan membantu gol pertama lewat assist kepada Nico Williams untuk membawa Spanyol mengalahkan Inggris 2-1.

Yamal kemudian diapresiasi dengan dinobatkan sebagai Pemain Muda Turnamen.

“Ini adalah mimpi dan saya tidak sabar untuk kembali ke Spanyol dan merayakannya bersama keluarga saya. Ini hadiah ulang tahun terbaik yang bisa saya terima,” kata Yamal usai pertandingan, seperti dikutip dari TVE.

Yamal menyelesaikan turnamen Euro 2024 dengan satu gol dan empat assist, assist terbanyak di satu Kejuaraan Eropa sejak pencatatan dimulai pada tahun 1980.

Baca Juga: Daftar Peraih Top Skor Euro 2024, Tiga Trofi Individu Diborong Spanyol

Dia juga menjadi pemain pertama yang mencetak gol atau membantu di perempat final, semifinal, dan final satu Euro.

Pele, yang meninggal pada 2022, berusia 17 tahun dan 249 hari ketika ia bermain di final Piala Dunia 1958 untuk Brasil, mencetak dua gol dalam kemenangan 5-2 melawan Swedia.

Ini adalah kedua kalinya dalam seminggu Yamal telah melampaui rekor yang disematkan kepada Pele.

Dalam kemenangan pekan kemarin atas Prancis, Yamal menjadi pemain termuda yang berpartisipasi dalam semifinal turnamen tim nasional utama. Catatan rekor itu membuatnya mendapatkan ucapan selamat dari Pele Foundation, yang mengelola warisan mendiang striker asal Brasil tersebut.

“Yayasan Pelé mengucapkan selamat kepada Lamine Yamal atas tonggak penting dalam karirnya dan berharap ini adalah langkah pertama dari perjalanan panjang dan kemenangan,” kata mereka.

Ini telah menjadi turnamen rekor untuk Yamal. Dia menjadi pemain termuda yang pernah bermain di Euro dalam pertandingan pembuka Spanyol melawan Kroasia. Kemudian pencetak gol termuda ketika dia mencetak gol dalam kemenangan semifinal atas Prancis.

Baca Juga: Spanyol Impresif dan Cetak Rekor Gelar Euro Ke-4

“Kami telah melihat seorang jenius, produk dari seorang jenius,” kata pelatih Spanyol, Luis de la Fuente saat konferensi pers setelah pertandingan itu.

Yamal telah berada di Barcelona sejak ia berusia tujuh tahun dan membuat debut tim pertamanya tahun lalu saat ia masih berusia 15 tahun.

Musim lalu, pada usia 16 tahun, ia membuat 50 penampilan di semua kompetisi untuk klubnya, mencetak 7 gol dan 10 assist. (C)

Penulis: Mustaqim

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga