Euro 2024: Slovakia Mau Manfaatkan Situasi Skuad Inggris dalam Tekanan

Mustaqim, telisik indonesia
Minggu, 30 Juni 2024
0 dilihat
Euro 2024: Slovakia Mau Manfaatkan Situasi Skuad Inggris dalam Tekanan
Pelatih Timnas Inggris, Gareth Soutgate (kanan), bersama pemainnya Phil Foden dihadapkan situasi sulit menentukan pemain yang tepat jelang duel dengan Slovakia pada 16 besar Euro 2024. Foto: Repro euro.com

" Gareth Southgate banjir kritik jelang duel timnya Inggris yang akan ditantang oleh Slovakia pada babal 16 besar Euro 2024 di AufSchalke Arena, Gelsenkirchen, Minggu (30/6/2024) malam pukul 23:00 WIB "

GELSENKIRCHEN, TELISIK.ID - Gareth Southgate banjir kritik jelang duel timnya Inggris yang akan ditantang oleh Slovakia pada babal 16 besar Euro 2024 di AufSchalke Arena, Gelsenkirchen, Minggu (30/6/2024) malam pukul 23:00 WIB.

Meski memuncaki klasemen Grup C sebelum ke fase gugur, lini depan The Three Lions -julukan Timnas Inggris- mendapat sorotan tajam. Hal itu karena hasil imbang yang menjemukan melawan Denmark dan Slovenia menyusul kemenangan tipis 1-0 atas Serbia di pertandingan pembuka.

Dengan kedalaman bakat penyerang yang tersedia, beberapa orang mempertanyakan kemampuan Southgate untuk mendapatkan yang terbaik dari strikernya seperti Jude Bellingham, Harry Kane, Bukayo Saka, dan Phil Foden.

Kritikan-kritikan yang diterimanya tak membuat Southgate berniat mundur dari kursi pelatih. Dia mengatakan tidak memiliki keraguan atas timnya, atau mengikuti ramainya kritik dari para kritikus.

“Saya tidak akan mundur dari apa pun. Apa pun perasaan terhadap saya, Anda harus berada di belakang tim, dan itu sangat penting. Para pemain senang bermain untuk Inggris enam atau tujuh tahun terakhir, kami harus mempertahankannya,” tegas Southgate, Sabtu (30/6/2024).

Situasi bek kiri juga telah menjadi topik diskusi, dengan Kieran Trippier beroperasi sebagai bek sayap darurat sementara Luke Shaw terus tidak fit.

Terlepas dari masalah perekrutan pemain, Inggris akan berusaha mencapai tahap perempat final turnamen Kejuaraan Eropa berturut-turut untuk pertama kalinya dalam sejarah.

Penyerang Inggris asal Arsenal, Bukayo Saka, menegaskan bahwa dia bukan jawaban untuk masalah bek kiri bagi timnas.

Luke Shaw dibawa ke Euro 2024 dengan harapan ia mungkin dapat pulih dari masalah ototnya. Namun, Shaw tidak dapat membuktikan kebugarannya, dengan Kieran Trippier karena itu digunakan sebagai bek kiri dalam pertandingan Euro 2024 Inggris sejauh ini.

Baca Juga: Euro 2024: Georgia Percaya Diri Singkirkan Spanyol

Trippier telah memunculkan keraguan untuk pertandingan melawan Slovakia karena masalah betis, dengan Ezri Konsa diyakini siap untuk tampil mengisi bek kiri jika bek Newcastle United itu tidak pulih.

Namun, mantan pemain depan Arsenal, Ian Wright, baru-baru ini mengklaim bahwa Southgate harus mempertimbangkan untuk menggunakan Saka dalam peran itu, karena pemain berusia 22 tahun tersebut memulai karirnya sebagai bek kiri.

Namun, Saka mengatakan bahwa 'menempatkannya di luar posisi bukanlah solusi'.

“Tidak, jelas saya mencintai Ian Wright dan dia mengatakan begitu banyak hal hebat tentang saya. Tetapi saya tidak berpikir menempatkan saya di luar posisi adalah solusinya,” kilah Saka.

Saka juga memuji Southgate karena menciptakan ‘lingkungan yang luar biasa’ di kamp Inggris di tengah kritik terhadap pelatih kepala dari para pendukung.

“Ketika kami datang ke turnamen, kami ingin lolos terlebih dahulu dan kami telah melakukan itu, itu adalah pekerjaan yang dilakukan (Southgate),” ujar Saka.

Saka mencetak 20 gol dan mencatatkan 14 assist dalam 47 penampilan untuk Arsenal selama musim 2023-24, namun sejauh ini ia merasa sulit membuat prestasi untuk The Three Lions di Euro 2024.

Slovakia yang lolos ke fase gugur dari peringkat ketiga terbaik di Grup E, tak ingin sekadar numpang lewat saat bertemu Inggris. Pelatih kepala Slovakia, Matjaz Kek, juga mewaspadai kualitas Inggris.

“Kami bermain melawan salah satu favorit. Kami sangat menghormati Inggris. Kami tahu kekuatan mereka dan individu mereka,” kata Kek.

Kapten Slovakia, Milan Skriniar, menegaskan mereka memiliki apa yang diperlukan untuk mengalahkan Inggris. Meski sebagai tim underdog alias tidak diunggulkan.

Baca Juga: Euro 2024: Dihujani Es dan Petir, Jerman Susul Swiss ke Perempat Final

The Falcons -julukan Timnas Slovakia- sekarang berharap untuk membuat kejutan di babak sistem gugur ketiga mereka sebagai negara merdeka di turnamen besar.

“Akan ada banyak tekanan pada mereka. Itu mungkin keuntungan bagi kami, karena mereka benar-benar perlu meyakinkan dunia bahwa mereka datang ke sini untuk menang,” ujar Skriniar.

Bek Paris Saint-Germain ini mengakui Inggris memiliki bintang besar, pemain besar, dan pemain yang sangat.

“Tapi kami melihat beberapa pertandingan juga di grup yang, seperti tim, mereka tidak dalam kondisi terbaik mereka sejauh ini. Jadi, ini bisa menjadi kesempatan kami untuk mengalahkan mereka,” kata Skriniar.

Setelah gagal memenangkan salah satu dari enam pertemuan head-to-head mereka, Slovakia bermimpi mengalahkan The Three Lions untuk pertama kalinya.

Prakiraan susunan pemain:

Inggris: Pickford; Walker, Batu, Guehi, Trippier; Mainoo, Beras; Saka, Bellingham, Gordon; Kane

Slowakia: Dubravka; Pekarik, Vavro, Skriniar, Hancko; Kucka, Lobotka, Duda; Schranz, Bozenik, Haraslin. (C)

Penulis: Mustaqim

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga