Euro 2024: Turki Tantang Austria Bermain Terbuka

Mustaqim, telisik indonesia
Selasa, 02 Juli 2024
0 dilihat
Euro 2024: Turki Tantang Austria Bermain Terbuka
Arda Guler, 'Lionel Messi' muda Turki yang diandalkan bisa membawa timnya menang atas Austria di babak 16 besar Euro 2024 di Stadion Leipzig, Jerman, Rabu (3/7/2024) dinihari WIB. Foto: Repro euro.com

" Turki tidak akan diperkuat dua pemain intinya kapten Hakan Calhanoglu dan bek Samet Akaydin saat berhadapan Austria di babak 16 besar Euro 2024 di Stadion Leipzig, Jerman, Rabu (3/7/2024) dini hari pukul 02:00 WIB "

LEIPZIG, TELISIK.ID – Turki tidak akan diperkuat dua pemain intinya kapten Hakan Calhanoglu dan bek Samet Akaydin saat berhadapan Austria di babak 16 besar Euro 2024 di Stadion Leipzig, Jerman, Rabu (3/7/2024) dini hari pukul 02:00 WIB.

Calhanoglu dan Akaydin terkena hukuman larangan bermain untuk satu pertandingan karena akumulasi kartu kuning. Ketidakhadiran dua pemain ini memaksa pelatih Vincenzo Montella untuk menentukan pemain pengganti yang tepat.

“Saya selalu ingin semua pemain siap untuk seleksi. Kami akan tanpa dua pemain, mereka tak tergantikan. Tentu saja itu sedikit mengganggu saya, tapi saya percaya bahwa akan ada pemain yang siap untuk masuk dan melakukan pekerjaan mereka,” ujar Montella, Selasa (2/7/2024).

Montella menyebut permainan terbuka timnya di babak penyisihan grup sebagai alasan untuk optimisme. Mereka mencetak lima gol – terbaik ketiga bersama di turnamen – dari lima pemain berbeda. Tidak ada gol bunuh diri atau penalti. Turki juga berada di urutan ketiga dalam total tembakan, rata-rata 16,67 per pertandingan.

“Jadi saya pikir dalam penguasaan bola kami melakukannya dengan sangat baik, kami juga melakukan dengan sangat baik di depan gawang,” kata mantan striker Timnas Italia ini.

Namun, Montella, yang juga mantan striker Roma, tahu ketangguhan lawan Austria. Austria mengalahkan Turki 6-1 dalam pertandingan persahabatan pada Maret 2024 dan memuncaki grup Kejuaraan Eropa yang berisi Prancis, Belanda, dan Polandia.

“Mereka adalah tim yang lengkap. Mereka mungkin tim terbaik sebagai unit tim, mereka adalah tim yang menekan sangat agresif di atas lapangan dengan sangat konsisten. Mereka sangat baik dalam transisi,” tutur Montella.

Montella akan berharap untuk pertandingan besar lainnya dari ‘Messi Turki’ Arda Guler, pemain termuda yang mencetak gol pada debutnya di Euro dalam usia 19 tahun dan 114 hari, sebuah penghargaan yang sebelumnya dipegang oleh Cristiano Ronaldo.

Baca Juga: Siapa Diogo Costa, Pahlawan Adu Penalti Portugal vs Slovenia?

“Dia pemain yang sangat berbakat. Dan itu ada di sana untuk dilihat semua orang. Ketika Anda bermain tanpa Arda, Anda merasakan ketidakhadirannya,” kata Montella, sambil menyebut Arda termasuk yang terbaik melakukan tembakan dan mencetak gol.

Austria bukan lawan yang enteng bagi Turki. Sejak tampil mengesankan dalam kekalahan 0-1 dari Prancis, Austria telah mengalahkan Polandia 3-1 dan Belanda 3-2 untuk memimpin Grup D yang sulit, suatu prestasi yang tidak sangka oleh siapa pun di markas tim mereka.

“Kami percaya kami mampu melakukan apa saja. Hanya sedikit yang percaya kami akan finis di puncak grup, tetapi jauh di lubuk hati kami melakukannya,” ujar bek sayap Austria, Alexander Prass.

Pelatih Austria, Ralf Rangnick, tak berharap timnya dipulangkan oleh Turki. Dia berencana menerapkan strategi baru karena menyadari pertandingan berada di fase sistem gugur.

“Kita bermain dalam sistem gugur dan harus menikmatinya sejak menit pertama. Kami memainkan tim yang kuat pada bola, dan yang menyuntikkan banyak gairah ke dalam pertandingan. Kita harus siap untuk kedua hal itu,” jelas Rangnick.

Mantan pelatih sementara Manchester United ini mengatakan bahwa timnya perlu membawa energi yang berbeda ke lapangan pertandingan. “Kami membutuhkan hati yang panas, tetapi kepala yang dingin,” ujar Rangnick.

Lima pertemuan terakhir

- 27/03/24 Austria 6-1 Turki (Persahabatan)

- 30/03/16 Austria 1-2 Turki (Persahabatan)

- 16/08/12 Austria 2-0 Turki (Persahabatan)

- 07/09/11 Austria 0-0 Turki (Kualifikasi Euro)

- 30/03/11 Turki 2-0 Austria (Kualifikasi Euro)

Baca Juga: Euro 2024: Belanda Melempem tapi Diunggulkan Bisa Jungkalkan Rumania

Data dan Fakta:

- Austria cuma kalah 1 kali dalam 4 laga terakhir Turki (Menang 2 Draw 1 Kalah 1).

- Tak ada hasil seri dalam 8 laga terakhir Austria di putaran utama Euro (Menang 4 Kalah 4).

- Austria selalu mencetak 3 gol dalam 2 laga terakhir di putaran utama Euro.

- Austria cuma 1 kali clean sheet dalam 8 laga terakhir di putaran utama Euro.

- Austria cuma kalah 1 kali dalam 10 laga terakhir (Menang 8 Draw 1 Kalah 1).

- Austria selalu kebobolan 1 gol dalam 5 dari 6 laga terakhir.

- Tak ada hasil seri dalam 10 laga terakhir Turki di putaran utama Euro (Menang 3 Kalah 7).

- Turki cuma 1 kali clean sheet dalam 15 laga terakhir di putaran utama Euro.

- Turki cuma menang 2 kali dalam 8 laga terakhir (Menang 2 Draw 2 Kalah 4).

Prakiraan susunan pemain

Austria: Pentz; Posch, Danso, Lienhart, Mwene; Seiwald, Grillitsch; Laimer, Baumgartner, Sabitzer; Gregoritsch

Turki: Mert Gunok; Mert Muldur, Merih Demiral, Abdulkerim Bardakci, Ferdi Kadioglu; Ismail Yuksek, Kaan Ayhan; Kenan Yildiz, Arda Guler, Bar?s Alper Yilmaz; Cenk Tosun. (C)

Reporter: Mustaqim

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga