Fadel Muhammad: Reshuffle Kabinet Membuat Harapan Baru

Rahmat Tunny, telisik indonesia
Senin, 10 Agustus 2020
0 dilihat
Fadel Muhammad: Reshuffle Kabinet Membuat Harapan Baru
Wakil Ketua MPR RI, Fadel Muhammad. Foto: Ist.

" Paling tidak, reshuffle kabinet juga membuat harapan baru buat masyarakat. Kan orang lihat ada menteri-menteri yang lemah yang tidak bikin gebrakan. Bikin, diganti, ya udah, bikin ada harapan baru, masyarakat tambah semangat gitu. Jadi menurut saya tidak perlu harus tunggu ini itu. "

JAKARTA, TELISIK.ID - Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad menyarankan, Presiden, Joko Widodo alias Jokowi tidak perlu ragu-ragu jika ingin melakukan reshuffle kabinet, karena hal tersebut merupakan hak prerogatif dirinya sebagai presiden.

Fadel berkaca pada pengalamannya saat menjadi Gubernur Gorontalo, ketika itu dia ingin mengganti kepala dinas, maka dia langsung menggantinya.

"Saya kira pengalaman saya waktu jadi gubernur, kalau saya mau ganti kepala dinas saya ganti aja. Hak saya kok, hak prerogatif," kata Fadel saat diskusi Empat Pilar bertajuk 'Sidang Tahunan MPR, Optimisme dan Harapan di Tengah Pandemi' di Media Center Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (10/8/2020).

Saat ini kata Fadel, banyak orang sudah mendesak untuk segera dilakukan perombakan (reshuffle) kabinet. Maka, dia menyarankan supaya Presiden Jokowi jangan ragu lagi.

Baca juga: DPR Soroti Tumpang Tindih Pengelolaan Perhutanan Sosial

"Paling tidak, reshuffle kabinet juga membuat harapan baru buat masyarakat. Kan orang lihat ada menteri-menteri yang lemah yang tidak bikin gebrakan. Bikin, diganti, ya udah, bikin ada harapan baru, masyarakat tambah semangat gitu. Jadi menurut saya tidak perlu harus tunggu ini itu," ungkap Mantan Gubernur Gorontalo itu.

"Kepala dinas saya mau ganti, saya ganti kok. Tinggal penggantian, saya bikin SK-nya, saya lantik dua hari kemudian," sambungnya.

Fadel mengungkapkan, dirinya sudah banyak membaca di media terkait desakan masyarakat agar Presiden Jokowi melakukan reshuffle, namun hingga saat ini belum juga dilakukan.

"Saya baca wartawan sudah tulis nama siapa mau diganti, tapi (Presiden) masih penuh keragu-raguan. Jadi menurut saya, makin cepat (reshuffle), maka akan membuat harapan baru," pungkasnya.

Reporter: Rahmat Tunny

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga