Fadli Zon Dukung Keputusan Gubernur Sultra Tolak 500 TKA Tiongkok

Rahmat Tunny, telisik indonesia
Rabu, 29 April 2020
0 dilihat
Fadli Zon Dukung Keputusan Gubernur Sultra Tolak 500 TKA Tiongkok
Anggota DPR RI Fadli Zon. Foto: Ist.

" Sungguh keterlaluan masih memasukkan TKA Cina di tengah pandemi COVID-19. Ini menghina akal waras kita. Memangnya tak ada pekerja/buruh kita yang bisa melakukan pekerjaan itu. "

JAKARTA, TELISIK.ID - Kabar kedatangan 500 Tenaga Kerja Asing (TKA) asal Tiongkok dalam waktu dekat meresahkan masyarakat Indonesia, terkhusus masyarakat Sulawesi Tenggara (Sultra).

Gubernur Sultra Ali Mazi secara tegas telah menolak kedatangan 500 TKA Tiongkok tersebut. 500 TKA Tiongkok ini diketahui akan menuju Kabupaten Konawe, Sultra untuk bekerja di PT Virtue Dragon Nickel Industry (VDNI). Selain Gubernur Ali Mazi, seluruh Anggota DPRD Provinsi Sultra juga melakukan penolakan tersebut dengan menyurati Gubernur.

Menanggapi kabar kedatangan 500 TKA Tiongkok ini, Anggota DPR-RI Fraksi Partai Gerindra Fadli Zon mengatakan, kebijakan memasukan TKA di tengah pandemi COVID-19 ini sungguh keterlaluan dan menghina akal sehat masyarakat Indonesia, karena masih banyak buruh di Indonesia yang bisa melakukan pekerjaan tersebut.

Baca juga: Sikapi Isu 500 TKA Akan ke Konawe, Senator Sultra: Masyarakat yang Pikul Risikonya

"Sungguh keterlaluan masih memasukkan TKA Cina di tengah pandemi COVID-19. Ini menghina akal waras kita. Memangnya tak ada pekerja/buruh kita yang bisa melakukan pekerjaan itu," kata Fadli Zon lewat cuitannya di media sosial twitter, Rabu (29/4/2020).

Lanjut mantan Wakil Ketua DPR-RI ini, kebijakan membolehkan masuknya TKA ke Indonesia bertentangan dengan semangat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang sedang dijalankan dihampir seluruh daerah di Indonesia, untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

Untuk itu, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra ini mendukung sikap Gubernur Sultra Ali Mazi, untuk menolak kedatangan pekerja asing di Sultra.

"Ini bertentangan dg semangat PSBB n karantina apalagi dr negara sumber Virus Corona. Dukung Pak Gubernur," tegas Fadli Zon pada tweet yang sama.

Reporter: Rahmat Tunny

Editor: Sumarlin

Baca Juga