Fakta Unik Semut Panda Bisa Bunuh Seekor Sapi

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Senin, 18 September 2023
0 dilihat
Fakta Unik Semut Panda Bisa Bunuh Seekor Sapi
Karena sengatannya, semut panda kerap dijuluki sebagai "Cow Killer". Hal ini dikarenakan sengatannya mampu melumpuhkan seekor sapi

" Karena sengatannya, semut panda kerap dijuluki sebagai "Cow Killer". Hal ini dikarenakan sengatannya mampu melumpuhkan seekor sapi "

KENDARI, TELISIK.ID - Semut umumnya berwarna hitam ataupun kemerahan. Namun, hewan yang satu ini terbilang unik, warnanya hitam dan putih mirip panda, serangga satu ini sungguh spesial. Diberi nama semut panda, padahal dia bukan semut dan bukan pula panda.

Hewan ini memiliki nama latin Euspinolia militaris, semut panda ternyata adalah lebah tak bersayap. Sama dengan seekor lebah, semut panda ini juga memiliki sengatan, bahkan sengatan semut panda terkenal sangat amat mematikan.

Karena sengatannya tersebut, semut panda juga kerap dijuluki sebagai "Cow Killer". Hal ini dikarenakan sengatannya mampu melumpuhkan seekor sapi seperti dilansir dari Idntimes.com.

Berikut fakta unik semut panda:

1. Dijuluki cow killer

Baca Juga: Fakta Unik Kelelawar Putih, Hewan Mungil Bermuka Babi

Mengutip Detik.com, semut panda bisa membunuh seekor sapi dengan 6-10 kali sengatan. Ada sedikit perbedaan yang terlihat untuk semut panda betina dan pejantan. Kalau pejantan punya sayap, sedangkan betina tidak.

Dalam proses berkembang biak, sang betina sanggup untuk bertelur hingga 2.000 butir tiap tahun. Sayangnya, telur mereka sering jadi mangsa dari predator. Oleh sebab itu, status semut panda kini diambang punah.

2. Hewan soliter

Untuk urusan hidup, semut panda termasuk yang soliter. Mereka tidak memiliki ratu atau pekerja seperti semut. Mereka hidup dengan menghisap nektar dan serbuk bunga.

Kalau betina akan mencari makan pada siang hari atau diurnal, pejantan baru melek saat malam tiba alias nokturnal. Saat khawatir, mereka akan membuat kicauan yang keluar dari posterior tubuh mereka.

Baca Juga: Deretan Fakta Burung Shoebill, Miliki Paruh Berbentuk Sepatu

3. Tak miliki ratu

Semut panda ini diketahui merupakan salah satu spesies yang tergabung dalam Famili Mutillidae. Mereka yang tergabung dengan famili ini biasanya memang memiliki kulit mirip beludru. Biasanya jika hewan dalam Famili Mutillidae kerap disebut dengan semut beludru. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga