Fakultas Teknik UM Kendari Optimalkan Kompetensi Dosen dan Mahasiswa

Siti Nabila, telisik indonesia
Sabtu, 20 Juli 2024
0 dilihat
Fakultas Teknik UM Kendari Optimalkan Kompetensi Dosen dan Mahasiswa
(Kiri) Gedung Universitas Muhamadiyah Kendari, (kanan) Rosdiana, Dekan FT UMK. foto: Siti Nabila/Telisik

" Peningkatan kompetensi dosen dan mahasiswa merupakan kunci yang paling utama Universitas Muhamadiyah Kendari (UMK) "

KENDARI, TELISIK.ID - Peningkatan kompetensi dosen dan mahasiswa merupakan kunci yang paling utama Universitas Muhamadiyah Kendari (UMK).

Hal ini dilakukan untuk mewujudkan visi dan misi menjadi institusi yang unggul dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

Hal itu disampaikan Dekan Fakultas Teknik UMK, Rosdiana. Menurutnya, dalam hal mewujudkan visi dan misi UMK yang dijabarkan melalui visi misi fakultas dilakukan secara bertahap mulai segi kurikulum hingga sarana dan prasarana.

Untuk kurikulum sendiri, langkah awal dilakukan dengan peningkatan kompetensi terhadap dosen dengan menjaga komitmen bersama sebagai tanggung jawab berprofesi sebagai dosen.

"Jadi saat ini kami sebagai dosen juga tengah melanjutkan studi, hampir semua melaksanakan sebagai salah satu syarat dan kebijakan daripada pimpinan. Terkait pendanaan pendidikan dibantu oleh pihak universitas," kata Rosdiana saat di temui di ruangannya, Jumat (19/7/2024)

Baca Juga: Masa Ta'aruf, Ponpes Baron Kendari Dorong Santri Baru Jadi Penghafal Al-Quran

Lebih lanjut kata dia, terkait kurikulum Fakultas Teknik UMK membuka 6 prodi terdiri dari Teknik Lingkungan, Teknik Sipil, Teknik Arsitektur, Teknik Pertambangan, Sistem Teknologi dan Informatika (STI) dan Teknik Kimia sebagai prodi terbaru.

"Saat ini kami juga dalam proses membuka prodi baru, yaitu Teknik Metalurgi (pengolahan logam). Kami mencoba menyahuti kebutuhan daerah, dengan membuka program studi yang dibutuhkan pemerintah daerah," tambahnya.

Selanjutnya, terkait fakultas yang paling banyak diminati saat ini ialah program studi Teknik Pertambangan.

Rosdiana mengungkapkan, target mahasiswa UMK tahun 2023 sebanyak 1.500 mahasiswa baru dan telah tercapai, sehingga tahun 2024 kembali ditargetkan sebanyak 2.500 mahasiswa baru.

Oleh karena itu, Rosdiana mengatakan, sebagai langkah praktis bagi mahasiswa, pihaknya juga sejak 2023 membuka Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) untuk Program Studi Teknik Lingkungan dan Arsitektur yang merujuk dari kebijakan dari pemerintah pusat. Dimana mahasiswa RPL sebanyak 70 orang yang berasal dari berbagai kabupaten di Sultra.  

Baca Juga: Pencemaran Air di Kendari Diduga Dilakukan Sejumlah Pengusaha

Adapun terkait tantangan, Rosdiana mengaku adanya mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam pembayaran biaya kuliah. Kata dia, fakultas teknik cukup tinggi pembayaran uang perkuliahan.

"Berkenaan dengan uang kuliah mahasiswa kami juga tidak dapat memberikan penurunan karena tidak bisa dipungkiri sumber dana terbesar berasal dari mahasiswa," jelasnya.

Selanjutnya menjawab tantangan tersebut, Rosdiana mengaku pihak UMK telah menyiapkan beasiswa bagi mahasiswa sebanyak 5 milyar untuk semua program studi.

Lebih lanjut dengan membagi menjadi beberapa kategori program beasiswa diantaranya beasiswa tahfidz, beasiswa prestasi, beasiswa perserikatan, dan  beasiswa jalur non akademik seperti mahasiswa berprestasi di bidang olahraga.

Olehnya itu, Rosdiana berharap mahasiswa UMK selain memiliki kemampuan akademik dan spiritual, juga memegang teguh nilai moral. (C)

Penulis: Siti Nabila

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga