Fasilitas Rumah Sakit Tak Beroperasi, RS Konawe: Ini Untuk Efisiensi Pengeluaran Anggaran

Muhamad Surya Putra, telisik indonesia
Kamis, 18 Maret 2021
0 dilihat
Fasilitas Rumah Sakit Tak Beroperasi, RS Konawe: Ini Untuk Efisiensi Pengeluaran Anggaran
Tampak depan BLUD Rumah Sakit Konawe dengan predikat RS bintang lima. Foto: Muh. Surya Putra/Telisik

" Seperti di lift, dari empat hanya satu kita operasikan, ada di gedung C. Karena di situ pasien keluar masuk. "

KONAWE, TELISIK.ID - Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Rumah Sakit (RS) Konawe dengan predikat rumah sakit rujukan bintang lima, menjadikan rumah sakit ini memiliki pelayanan publik yang cukup baik di Sulawesi Tenggara (Sultra).

Dengan pelayanan baik dan fasilitas kesehatan yang lengkap ini, ditargetkan RS Konawe menjadi Green Hospital dengan tingkat paripurna.

Namun, belakangan beberapa fasilitas umum lainnya yang ada di dalam tak beroperasi seperti biasanya. Seperti, lift, pos parkir, dan lampu penerangan jalan yang ada di dalam rumah sakit.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Unit Humas BLUD RS Konawe, Abu Bakar, SKM mengatakan, bahwa alasan efisiensi pengeluaran anggaran rumah sakit menjadi faktor utama dihentikan sementara fasilitas tersebut dioperasikan.

Ia menjelaskan, semua fasilitas tidak mengalami kerusakan, dan masih berfungsi dengan baik. Hanya saja karena efisiensi atau penghematan pengeluaran anggaran rumah sakit, sehingga dimatikan sementara.

Baca juga: Kerajinan Limbah Kayu dan Percak Kain Jadi Produk Lokal Konsel

"Seperti di lift, dari empat hanya satu kita operasikan, ada di gedung C. Karena di situ pasien keluar masuk," katanya kepada Telisik.id, Kamis (18/03/2021).

Kata dia, sejak pandemi COVID-19 pemasukan rumah sakit yang sebagian besar bersumber dari jumlah pasien masuk yang diperoleh dari pembayaran BPJS, kini mengalami penurunan yang signifikan.

Kendati demikian, pihaknya tetap memberikan pelayanan yang terbaik, makanya akan dilihat situasinya, untuk alat-alat yang sifatnya tidak emergency akan dioperasikan secara bergantian, seperti lampu penerangan jalan dan fasilitas lainnya.

"Kalau pos parkir, kita gunakan kedua-duanya kalau situasinya lagi padat," ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga menyebut pengeluaran anggaran listrik rumah sakit dalam sebulan saja dengan biaya sekira Rp 110 juta.

"Lift itu sangat besar biaya operasionalnya, banyak memakai listrik," tutupnya. (B)

Reporter: Muh. Surya Putra

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga