Fauzi, dari Jawa Barat ke Kendari Jualan Bakpao

Erni Yanti, telisik indonesia
Jumat, 06 September 2024
0 dilihat
Fauzi, dari Jawa Barat ke Kendari Jualan Bakpao
Seorang Pemuda bernama Fauzi (38) jualan bakpao keliling. Foto: Erni Yanti Telisik

" Jauh merantau dari daerah asalnya di Jawa Barat, Fauzi (38) saban hari berusaha mengais rezeki dengan berjualan kue bakpao. Dia menawarkan dagangannya dengan berkeliling dan menyusuri Kota Kendari, Sulawesi Tenggara "

KENDARI, TELISIK.ID – Jauh merantau dari daerah asalnya di Jawa Barat, Fauzi (38) saban hari berusaha mengais rezeki dengan berjualan kue bakpao. Dia menawarkan dagangannya dengan berkeliling dan menyusuri Kota Kendari, Sulawesi Tenggara.

Waktu istirahat yang hanya beberapa jam setiap harinya tidak menjadi masalah bagi Fauzi. Pria ini sejak subuh menyiapkan dagangannya. Dia memulai dengan meracik adonan secukupnya untuk membuat bakpao.

Adonan yang dibentuk bulat kemudian diisi dengan beragam menu yang disesuaikan dengan selera para konsumennya. Ada yang diisi dengan daging ayam, cokelat, keju, stroberi, dan nanas.

Kegiatan membuat adonan, mengisi, mengkukus hingga menjadi bakpao kemudian menjualnya merupakan rutinitas yang dilakukan Fauzi. Pria dari Bumi Parahyangan ini baru mendagangkan bakpao buatannya saat matahari mulai meninggi.

Baca Juga: Jualan Es Krim dan Tukang Kayu Dilakoni demi Hidupi Dua Anak

Fauzi sudah memiliki rute tetap setiap menjajakan bakpaonya. Mulai dari Kelurahan Dapu-Dapu, Kecamatan Kendari Barat, sampai ke Kecamatan Mandonga, Kota Kendari.

“Iya Mba, tiap hari keliling dari kota sampai bypass biasanya, pokoknya mana bisa laku,” kata Fauzi, Jumat (6/9/2024).

Fauzi baru beberapa bulan berada di Kota Lulo dan belum mengetahui secara banyak daerah ini dan juga tentang kehidupan masyarakatnya.

Selain berjualan bakpao, Fauzi mengaku mau bekerja apa saja demi bisa membiayai kelangsungan hidupnya.

“Ya beginilah Mba kehidupan, kita harus bekerja, kerja apapun saya kerjakan yang penting halal,” tuturnya.

Baca Juga: Kisah Wanita Paruh Baya Menjual di Pelabuhan dengan Berkeliling

Selama di Kendari dan sejak mulai jualan bakpao, Fauzi tinggal bersama teman-temannya yang ia kenal.

Fauzi berharap, dengan kerja keras yang dilakukan dapat membuahkan hasil maksimal dan kehidupannya pun bisa menjadi lebih baik.

Sementara itu, seorang pelanggan Fauzi, Pian, mengaku sebagai penikmat dan penyuka bakpao. Dia menilai bakpao buatan Fauzi sangat enak.

“Bakpaonya enak, suka sekali, banyak tawaran rasa jadi sering saya beli di sini,” katanya. (B)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga