Fenomena Supermoon 1 Agustus, Ini Waktu yang Tepat untuk Melihatnya

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Selasa, 01 Agustus 2023
0 dilihat
Fenomena Supermoon 1 Agustus, Ini Waktu yang Tepat untuk Melihatnya
Awal Agustus ini akan muncul fenomena alam supermoon atau bulan purnama. Foto: Repro Terasjakarta.id

" Fenomena bulan purnama atau supermoon akan hadir di awal Agustus ini dan akan bisa Anda lihat dengan mata telanjang "

KENDARI, TELISIK.ID - Fenomena bulan purnama atau supermoon akan hadir di awal Agustus ini dan akan bisa Anda lihat dengan mata telanjang.

Dilansir dari Cnnindonesia.com, bulan purnama Agustus dikenal sebagai Sturgeon Supermoon, merupakan yang pertama dari dua bulan purnama di Bulan Agustus. Bulan ini akan lebih terang ketika terbit di timur saat senja, berlawanan dengan matahari terbenam.

Pada puncaknya, supermoon akan berada pada 357.311 kilometer dari pusat Bumi, menjadikannya supermoon terbesar kedua di tahun 2023. Sturgeon Supermoon ini disebut bakal memiliki ukuran serupa dengan bulan purnama super yang akan terjadi 30 Agustus nanti, mengutip Livescience.

Supermoon kedua 2023 ini tidak hanya akan terlihat pada Selasa (1/8/2023), tapi juga nampak pada Senin dan Rabu, atau sebelum dan sesudah puncak bulan purnama super. Supermoon mengorbit sedikit lebih dekat ke Bumi daripada rata-rata bulan, sehingga tampak sedikit lebih besar dan lebih terang. Itu terjadi karena bulan memiliki orbit elips Bumi.

Bulan memiliki jarak perigee (terdekat) dan apogee (terjauh). Jarak rata-rata perigee dan apogee masing-masing dapat berkisar 363.400 hingga 405.500 kilometer. Peneliti di Pusat Riset Antariksa Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Thomas Djamaludin mengungkap fenomena antariksa itu sama seperti melihat fenomena bulan purnama biasa.

Baca Juga: Saksikan, Bulan Purnama Harvest Moon Malam Ini

"Supermoon adalah purnama terdekat, sehingga ukurannya lebih besar dari rata-ratanya. Mengamati supermoon sama dengan mengamati purnama biasa," ujar dia.

Ia menjelaskan fase purnama adalah kondisi di saat seluruh permukaan bulan yang menghadap ke bumi memantulkan cahaya Matahari. Jarak antara bumi dan bulan saat itu mencapai 357.528 kilometer.

Menurutnya, masyarakat bisa melihat langsung fenomena tersebut tanpa alat pengelihatan tambahan dan bisa diamati sepanjang malam. Menurut Thomas, fenomena supermoon bisa dilihat semenjak matahari terbenam dan bulan mulai terlihat di ufuk timur sampai menjelang terbenam di ufuk barat saat pagi hari.

Baca Juga: Jangan Lewatkan Pink Supermoon Terbesar dan Tercerah Terjadi Malam Ini

Fenomena supermoon itu akan berlangsung di Indonesia pada Rabu (2/8/2023) mulai pukul 01.31 WIB, 02.31 WITA dan 03.31 WIT, seperti dikutip dari akun LAPAN RI.

Dikutip dari Cnbcindonesia.com, Live Science menjelaskan, bulan purnama sebenarnya bisa terlihat dengan mata telanjang. Dengan catatan, asalkan cuaca memungkinkan untuk melihatnya secara langsung.

Namun jika ingin melihat tampilan yang lebih detil, Anda perlu mempertimbangkan membeli teropong bintang atau teleskop kecil yang bagus. Dengan begitu, bisa meningkatkan pengalaman saat melihat bulan purnama tersebut. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga