adplus-dvertising

Festival Budaya Dalam Mendukung Pembangunan Muna Barat

Putri Wulandari, telisik indonesia
Senin, 29 Agustus 2022
418 dilihat
Festival Budaya Dalam Mendukung Pembangunan Muna Barat
Salah satu pertunjukan yang ditampilkan dalam festival budaya di Kabupaten Muna Barat. Foto: Ist.

" IPNU Muna Barat siap mendukung pembangunan yang dilakukan oleh Pj Bupati, Bahri dengan menggelar dialog dan festival budaya "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Muna Barat siap mendukung pembangunan yang dilakukan oleh Pj Bupati, Bahri dengan menggelar dialog dan festival budaya di Desa Lawda Jaya, Kecamatan Sawerigadi, Senin (29/8/2022).

Dialog publik dan festival budaya turut dihadiri oleh Pj Bupati Muna Barat, Sekda Muna Barat, beberapa kepala OPD, serta tokoh adat, tokoh agama dan para tokoh pemuda.

Dalam kegiatan ini juga, ada beberapa tarian dari berbagai suku yang dipertunjukkan, yakni tari pandet dan tari tari kipas dari Bali, tari manuk dadali dari Sunda, tari linda dan ewa wuna khas Suku Muna.


Ada pula tarian Buton, tarian Moronene, tarian Tolaki, tarian NTB dan tarian Jawa, mengingat ada berbagai suku yang menempati daerah itu.

Pj Bupati Muna Barat, Bahri menuturkan, betapa pentingnya mengimplementasikan nilai-nilai kebhinekaan, mengingat saat ini sedang proses pembangunan di Kabupaten Muna Barat.

Baca Juga: Tenaga Non ASN Muna Didata

"Muna Barat memiliki tiga wilayah besar, yang banyak memiliki potensi sumber daya alam maupun sumber daya manusia," tuturnya.

Sehingga ia berharap, agar konflik-konflik perpecahan serta segala bentuk provokasi dengan adanya isu-isu yang dapat memecah belahkan persatuan daerah agar dapat dihindari, ini semua demi kelancaran pembangunan infrastruktur.

"Kita harapkan jangan ada konflik, serta kritik yang tidak subtansial di daerah ini, ayo kita fokus bangun daerah ini," ungkapnya.

Senada, Ketua IPNU Muna Barat, La Ode M Yasir Fukara menyampaikan, tujuan adanya kegiatan dialog tersebut, didasari oleh isu yang akhir-akhir ini beredar, di mana selalu dijadikan alasan agar saling memojokan, sehingga dengan adanya kegiatan tersebut dapat menyatukan semua pihak.

Baca Juga: Pembangunan Bandara jadi Prioritas Pj Bupati Kolaka Utara Tahun Depan

"Terlalu banyak kepentingan praktis yang dibangun, sampai merenggangkan hubungan persaudaraan yang telah dibangun, kita ini bersaudara," ucapnya.

Untuk itu, Yasir mengajak semua pihak agar dapat memberi dukungan moril kepada Pj bupati dalam melaksanakan tugasnya untuk membangun infrastruktur sesuai rencana pembangunan daerah.

Yasir juga menyebut, Muna Barat merupakan daerah yang dibangun berlandaskan persatuan, sehingga ia harapkan agar seluruh pihak dapat bergandengan tangan serta merangkul, sehingga dapat menunjukkan bahwa Muna Barat hidup dalam keharmonisan. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Kardin

TAG:
Baca Juga