FIFA Coret Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Soroti Tragedi Kanjuruhan hingga Sanksi PSSI

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Kamis, 30 Maret 2023
0 dilihat
FIFA Coret Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Soroti Tragedi Kanjuruhan hingga Sanksi PSSI
FIFA resmi mencoret Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Hal itu disampaikan melalui akun resmi. Foto: Getty Image

" FIFA resmi mencoret Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 "

KENDARI, TELISIK.ID - FIFA resmi mencoret Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Hal itu disampaikan melalui akun resmi.

Dilihat Telisik.id dari situs FIFA.com, Kamis (30/3/2023), keputusan itu diambil seusai rapat Presiden FIFA Gianni Infantino dengan Ketua PSSI Erick Thohir.

"FIFA telah memutuskan, karena keadaan saat ini, untuk membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah FIFA U-20 World Cup 2023," demikian keterangan di situs FIFA.

Tak hanya itu, FIFA juga menyinggung tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang pada Oktober 2022. Kala itu, kerusuhan memuncak akibat tembakan gas air mata dan menyebabkan total 132 orang.

Baca Juga: Kontroversi Indonesia Gagal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023

Baca Juga: Ini Jadwal Timnas Indonesia U-20 di Fase Grup Piala Asia 2023

Selain mencabut status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20, FIFA juga bakal menjatuhkan sanksi kepada PSSI. Namun, masih belum disebutkan secara pasti hukuman yang bakal diterima PSSI dan sepak bola Indonesia.

"Potensi sanksi terhadap PSSI juga dapat diputuskan pada tahap selanjutnya," dilansir dari Bola.net.

Diketahui sebelumnya, penyelenggaraan Piala Dunia U-20 ini menjadi perdebatan setelah penolakan Gubernur Bali I Wayan Koster dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo atas kepesertaan Israel dalam kompetisi. (C)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga