Film Mappacci Kuasai Bioskop di Kendari

Ahmad Badaruddin, telisik indonesia
Jumat, 25 Agustus 2023
0 dilihat
Film Mappacci Kuasai Bioskop di Kendari
Film asal Sulawesi Selatan, Mappacci, telah tayang di bioskop-bioskop Tanah Air sejak Kamis (24/8/2023), termasuk di Kota Kendari

" Film asal Sulawesi Selatan, Mappacci, telah tayang di bioskop-bioskop Tanah Air sejak Kamis (24/8/2023), termasuk di Kota Kendari "

KENDARI, TELISIK.ID - Film asal Sulawesi Selatan, Mappacci, telah tayang di bioskop-bioskop Tanah Air sejak Kamis (24/8/2023), termasuk di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Film Mappacci diangkat dari sebuah tradisi pernikahan asal Sulawesi Selatan yang biasa disebut Malam Pacar.

Mappacci adalah tradisi pernikahan masyarakat Bugis-Makassar yang bertujuan untuk membersihkan jiwa dan raga calon pengantin, sebelum mengarungi bahtera rumah tangga.

Mappacci menjadi salah satu syarat yang mesti dilakukan oleh mempelai perempuan dan laki-laki, terkadang sehari sebelum walimah pernikahan. Biasanya, acara Mappacci dihadiri oleh segenap keluarga dan masyarakat umum, untuk meramaikan prosesi yang sudah dilakukan turun temurun ini.

Berdasarkan tradisi tersebut, Andi Burhamzah selaku produser sekaligus sutradara film ini berusaha menyajikan tradisi tersebut di layar lebar dengan unsur drama dan komedi yang cukup membuat penontonnya mengalami mood yang naik turun.

Film ini bercerita tentang persiapan pernikahan Tenri (23) hingga pada malam mappaccinya tiba, ia jatuh pingsan saat mendengar kabar bahwa kapal yang ditumpangi Iwan (25) calon suaminya, tenggelam dalam perjalanan pulang. 

Baca Juga: Deretan Film Bertema Kemerdekaan Terbaik, Cocok Ditonton Saat HUT RI ke-78

Pernikahan pun berubah yasinan. Tenri depresi hingga nyaris kehilangan nyawa. Ibunya menangis menciumi wajah Tenri: Ibu tidak mau kehilangan kamu. Sejak itu, Tenri memperbaiki diri dan menerima lamaran Erwin (27). Tenri merasa bersalah pada Iwan.

Karena mengambil unsur budaya masyarakat Bugis-Makassar yang bisa dibilang cukup dekat dengan masyarakat Sulawesi Tenggara, film ini menarik perhatian warga Kota Kendari dan berhasil memenuhi semua waktu penayangan di bioskop Hollywood Square Kendari.

Hal ini disampaikan oleh Berta, karyawan Hollywood Square Kendari yang menceritakan terkait antusiasme masyarakat terhadap film ini.

"Di bioskop kami, kami sediakan 5 kali penayangan yang bisa dilihat di Ig (instagram) kami," jelasnya.

Sementara itu, Steven Wijaya, manajer dari Hollywood Square Kendari, kepada Telisik.id mengatakan, dia sudah memprediksi antusiasme penonton terhadap film ini.

Baca Juga: Pekan Ketiga Agustus 2023, Dua Film Ini Bersaing di Kota Kendari

"Kalau untuk film Indonesia genre horor Suzanna Malam Jumat Kliwon, non horor Galaksi dan Mappacci," ujarnya via WhatsApp.

Film ini disambut baik oleh masyarakat Kendari, seperti yang diutarakan Sitti Rahmah yang menonton film ini bersama teman-temannya.

"Bagus filmya, relate sama kita, aksi Tumming Abu juga selalu bikin ngakak," ucapnya. (A)

Penulis: Ahmad Badaruddin 

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga