adplus-dvertising

Final Piala AFF 2020: Indonesia Tanpa Arhan, Shin Tae-yong Ungkap Kelemahan Thailand

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Selasa, 28 Desember 2021
634 dilihat
Final Piala AFF 2020: Indonesia Tanpa Arhan, Shin Tae-yong Ungkap Kelemahan Thailand
Pemain Timnas Indonesia saat merayakan gol melawan Singapura. Foto: dok. PSSI

" Shin Tae-yong mengaku Thailand lemah dalam penguasaan bola dan itu bisa dimanfaatkan Timnas Indonesia "

KENDARI, TELISIK.ID - Tim Nasional (Timnas) Indonesia dipastikan tidak bisa diperkuat Pratama Arhan Alif Rifai dalam laga final leg pertama Piala AFF 2020 melawan Thailand, Rabu (29/12/2021). 

Dilansir Tempo.co, Pratama Arhan absen karena akumulasi kartu kuning. Pemain PSIS Semarang itu harus absen karena akumulasi kartu pada laga semifinal Piala AFF 2020 saat melawan Singapura.

Pada partai pertama, Arhan mendapatkan kartu kuning pada menit ke-35. Pesepakbola berusia 20 tahun itu menerima kartu kuning setelah mengarahkan kaki ke wajah pemain naturalisasi Singapura asal Korea Selatan, Song Ui-young.


Pada partai kedua dia mendapatkan kartu kuning setelah dianggap melakukan pelanggaran terhadap pemain Malaysia Shawal Anuar di dalam kotak penalti pada menit ke-87.

Pelanggaran itu membuat Malaysia mendapatkan hadiah tendangan penalti namun eksekusi Faris Ramli masih dapat ditepis oleh penjaga gawang Nadeo Argawinata.

Baca Juga: Timnas Indonesia Disebut Bukan Lawan Sulit Bagi Thailand di Final Piala AFF 2020

Berdasarkan laporan pertandingan awal, Arhan tak mendapatkan kartu kuning, namun AFF disebut merevisi laporan itu sehingga Arhan dipastikan absen pada laga final pertama Rabu besok.

Shin Tae-yong mengungkap kelemahan Thailand jelang bertemu Timnas Indonesia di leg I final Piala AFF 2020, Rabu 29 Desember 2021 pukul 19.30 WIB.

Juru taktik asal Korea Selatan itu mengaku Thailand lemah dalam penguasaan bola dan itu bisa dimanfaatkan Timnas Indonesia.

"Thailand tak terlalu bagus dalam penguasaan bola. Salah satunya terlihat saat melawan Vietnam di leg I semifinal. Vietnam saat itu itu tampil lebih baik," kata Shin Tae-yong dikutip dari Okezone.com.

Baca Juga: Indonesia Punya Rekor Buruk Lawan Thailand, Ini Kata Shin Tae-yong

Skuad Gajah Perang memang tidak terkalahkan sejauh ini di Piala AFF 2020. Dalam enam pertandingan, skuad asuhan Alexandre Polking ini menang lima kali dan satu kali imbang.

Dalam perjalannnya menghadapi tim-tim kuat macam Singapura dan Vietnam, Thailand lebih banyak menunggu. Alexandre Polking meminta Chanathip Songkrasin dan kawan-kawan untuk memanfaatkan serangan balik.

Uniknya, Timnas Indonesia juga andal mengandalkan serangan balik. Pemain-pemain cepat seperti Asnawi Mangkualam, Witan Sulaeman dan Irfan Jaya merupakan andalan Timnas Indonesia untuk mengandalkan serangan balik.

Bedanya, Timnas Indonesia masih jago perihal penguasaan bola. Terlihat dalam sejumlah laga, permainan dari kaki ke kaki masih dijalankan Rachmat Irianto dan kawan-kawan. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga