Final UEFA Euro 2024: Inggris Fokus Kuasai Bola dan Spanyol Hindari Kesalahan Kecil

Mustaqim, telisik indonesia
Minggu, 14 Juli 2024
0 dilihat
Final UEFA Euro 2024: Inggris Fokus Kuasai Bola dan Spanyol Hindari Kesalahan Kecil
Pelatih Inggris, Gareth Southgate (kiri), dan pelatih Spanyol, Luis de la Fuente, saling adu strategi saat tim mereka bentrok di final Euro 2024 di Olympiastadion, Berlin, Senin (15/7/2024) dinihari WIB. Foto: Repro euro.com; design: Mustaqim/Telisik

" Pelatih Gareth Southgate yakin Inggris memiliki setiap peluang untuk mengecewakan Spanyol di final Euro 2024 di Olympiastadion, Berlin, Senin (15/7/2024) besok "

BERLIN, TELISIK.ID – Pelatih Gareth Southgate yakin Inggris memiliki setiap peluang untuk mengecewakan Spanyol di final Euro 2024 di Olympiastadion, Berlin, Senin (15/7/2024) dinihari pukul 02:00 WIB.

Southgate memperingatkan The Three Lions harus menjadi yang terbaik dengan dan tanpa bola.

Inggris lolos ke final Kejuaraan Eropa kedua berturut-turut setelah Ollie Watkins bangkit dari bangku cadangan untuk mencetak gol kemenangan pada menit ke-90+1 di semifinal melawan Belanda pada Kamis (11/7/2024) dinihari lalu.

Inggris sekarang telah mencapai lebih banyak final turnamen besar dalam empat tahun terakhir di bawah penanganan Southgate (2 final), daripada yang mereka lakukan dalam 23 partisipasi sebelum Southgate melatih Inggris pada 2016 (1 final).

Tetapi jika Inggris ingin mengakhiri penantian 58 tahun untuk menindaklanjuti kemenangan Piala Dunia 1966, mereka harus melewati Spanyol sebagai satu-satunya tim yang memenangkan semua enam pertandingan di Euro 2024.

Sejak babak penyisihan grup diperkenalkan pada tahun 1980, hanya Prancis pada tahun 1984 yang memenangkan Euro sambil mempertahankan rekor 100 persen.

Sementara Southgate memiliki keyakinan penuh pada kemampuan Inggris untuk menyakiti La Roja. Dia mengatakan tantangan pertama mereka adalah menguasai bola.

“Kami harus mendapatkan bola dari mereka terlebih dahulu. Ini tidak sesederhana kami menguasai bola dan membuat mereka berlari. Kami harus luar biasa dengan bola dan tanpanya. Mereka telah menjadi tim terbaik,” kata Southgate jelang pertandingan melawan  Spanyol, Sabtu (13/7/2024).

Inggris, kata Southgate, mulai menunjukkan versi yang lebih baik dari sebelumnya sehingga bisa melangkah ke final.

“Kami memiliki peluang bagus seperti mereka. Kami datang ke sini untuk memenangkannya. Ini adalah tugas besar, tetapi kami masih di sini dan berjuang,” ujar Southgate.

Lawan Inggris, Spanyol yang diasuh Luis de la Fuente, mencapai final setelah mengatasi Prancis 2-1. Spanyol telah menorehkan 13 gol di Euro edisi ini, hanya kalah satu gol dari Prancis yang mengoleksi 14 gol pada Euro 1984.

“Kami akan memainkan semua tim hebat di kompetisi ini dan itu tidak bisa dengan cara lain. Dua tim terbaik berhasil mencapai final. Sekarang pekerjaan kami mulai menganalisis Inggris secara lebih rinci,” kata La Fuente.

Baca Juga: Euro 2024: Ollie Watkins Puji Bakat Calon Lawan Lamine Yamal

Analisis gaya bermain Inggris, kata La Fuente, dilakukan dengan cara yang lebih santai. Mereka makan malam dan menonton pertandingan Inggris sambil menganalisa.

“Berada di final Eropa adalah salah satu pencapaian terbesar yang bisa Anda miliki dalam sepakbola. Kami sangat tenang dan bersemangat untuk bermain besok. Ini final jadi ini akan menjadi pertandingan yang sangat setara, sangat kompetitif,” ujar La Fuente.

La Fuente menjelaskan, orang-orang perlu memahami bahwa game-game ini selalu sampai ke detail terkecil. Tim yang membuat lebih sedikit kesalahan akan memenangkan pertandingan.

Ini akan menjadi pertemuan ketiga antara Spanyol dan Inggris di Euro. The Three Lions memiliki kenangan indah dari dua pertemuan sebelumnya, menang 2-1 di babak penyisihan grup pada tahun 1980 dan maju melalui adu penalti setelah hasil imbang perempat final pada tahun 1996.

Namun, La Roja hanya kalah empat kali dari 14 pertemuan terakhir mereka dengan Inggris secara keseluruhan, setelah kalah tujuh kali berturut-turut.

Spanyol juga telah memenangkan tiga final turnamen besar terakhir mereka dan bisa menjadi negara Eropa pertama yang menang dalam empat pertandingan gelar Piala Dunia/Euro berturut-turut.

Inggris akan memainkan final turnamen besar pertama mereka di luar negeri setelah memainkan pertandingan di Piala Dunia 1966 dan Euro 2020 di Wembley, London.

Rute ke final

Spanyol

Grup B

3-0 vs Kroasia (Morata 29’, Fabián Ruiz 32’, Carvajal 45+2’)

1-0 vs Italia (Calafiori gol bunuh diri 55’)

1-0 vs Albania (Ferran Torres 13’)

Babak 16 besar

4-1 vs Georgia (Rodri 39’, Fabián Ruiz 51’, Williams 75’, Olmo 83’; Le Normand gol bunuh diri 18’)

Perempat final

2-1 vs Jerman (Olmo 51’, Merino 119’; Wirtz 89’)

Semifinal

2-1 vs Prancis (Yamal 21’, Olmo 25’; Kolo Muani 9’)

Baca Juga: Euro 2024: Gol Telat Ollie Watkins Antar Inggris Tantang Spanyol di Final

Inggris

Grup C

1-0 vs Serbia (Bellingham 13’)

1-1 vs Denmark (Kane 18’; Hjulmand 34’)

0-0 vs Slovenia

Babak 16 besar

2-1 vs Slovakia (Bellingham 90+5’, Kane 91’; Schranz 25’)

Perempat final

1-1 perpanjangan waktu, 5-3 adu penalti vs Swiss (Saka 80’; Embolo 75’)

Semifinal

2-1 Belanda (Kane 18’ penalti, Watkins 90+1’; Simons 7’)

Prakiraan susunan pemain

Spanyol: Simon; Carvajal, Le Normand, Laporte, Cucurella; Ruiz, Rodri, Olmo; Yamal, Morata, Williams

Inggris: Pickford; Walker, Batu, Guehi; Saka, Mainoo, Beras, Shaw; Bellingham, Foden; Kane. (C)

Penulis: Mustaqim

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga