Fitur Obrolan Suara Telegram untuk Komunikasi Grup hingga Ribuan Orang

Muhammad Adhiatma Hidayat , telisik indonesia
Rabu, 22 Februari 2023
0 dilihat
Fitur Obrolan Suara Telegram untuk Komunikasi Grup hingga Ribuan Orang
Fitur obrolan suara dari Telegram yang dapat menampung hingga ribuan pengguna dalam satu grup untuk berbincang secara bersamaan. Foto: Repro Redaksi.waspada.co.id

" Fitur obrolan suara sangat berguna untuk grup yang memiliki banyak anggota dan tersebar di seluruh dunia "

KENDARI, TELISIK.ID - Telegram, aplikasi pesan instan yang sudah sangat populer bagi masyarakat Indonesia, memiliki fitur Obrolan Suara (OS). Fitur ini memungkinkan anggota grup untuk berbicara satu sama lain secara real-time.

Fitur obrolan suara dirancang untuk memudahkan diskusi dalam grup yang lebih besar, dengan memungkinkan anggota grup untuk berbicara satu sama lain tanpa harus mengetik pesan.

Fitur ini sangat berguna untuk grup yang memiliki banyak anggota dan tersebar di seluruh dunia, karena memungkinkan mereka untuk terhubung secara langsung secara real-time.

Melansir cnbcindonesia.com Selasa (21/2/2023), fitur obrolan suara dari Telegram menggunakan protokol enkripsi MTProto, tetapi tidak semuanya dienkripsi dengan cara yang sama.

Sebagian besar pesan disimpan di server cloud Telegram dan dienkripsi di server. Selain itu, fitur ini juga dilengkapi dengan kontrol volume dan pengaturan kehadiran, sehingga anggota grup dapat memilih untuk mendengarkan obrolan suara atau tidak.

Baca Juga: Memindahkan Chat WhatsApp dari Ponsel Lama ke Baru Kini Lebih Mudah

Dengan adanya fitur obrolan suara ini, terdapat pula tanggapan dari para pengguna Telegram di Kota Kendari tentang kelebihan ataupun kekurangan dari fitur tersebut.

Salah satu pengguna fitur obrolan suara, Hafiat, mengatakan bahwa fitur dari Telegram itu bagus dikarenakan memudahkan penggunanya dalam membuat obrolan dan merekam suara, namun di lain sisi terdapat pula dampak negatif yang ditimbulkan.

"Hanya saja mungkin sisi negatifnya itu privasi kita ndak aman karena gampang terjadi penyadapan, dimana orang lain bisa saja merekam suara kita," ujar Hafiat.

Hal yang kurang lebih sama juga diungkapkan oleh Raja Doli Lubis, yang merupakan mahasiswa Jurusan Hukum dan pengguna fitur obrolan suara Telegram.

Ia mengatakan, fitur obrolan suara dari Telegram tergantung dari pemakainya, dan pendapat yang disampaikan lebih ke sisi positif dari fitur tersebut.

"Ya dia mau menggunakan fitur ini seperti apa, nah kalau saya sendiri biasanya pakai fitur ini untuk diskusi, podcast, dialog publik, dan mendengarkan musik," ujar Raja.

Dia menambahkan, fitur ini memudahkan mereka sebagai anak muda untuk berkreasi membuat banyak kegiatan.

Baca Juga: Simak, Ini Fitur-Fitur Terbaru WhatsApp yang Perlu Kamu Ketahui

"Seperti podcast, dialog publik dan sangat memudahkan kita dalam berkegiatan, berinteraksi melalui media sosial," lanjutnya.

Selain dari kelebihan dan kekurangan fitur obrolan suara Telegram yang disampaikan oleh pengguna di atas, Telegram sendiri dapat mendukung obrolan grup hingga ribuan orang dengan opsi untuk menggunakan saluran yang bisa bersifat publik atau pribadi.

Dengan adanya opsi saluran publik yang dapat digunakan oleh pengguna, memungkinkan untuk mengirim pesan ke sejumlah besar orang sekaligus, dan pengguna dapat memiliki jumlah pelanggan yang tidak terbatas. (A)

Penulis: Muhammad Adhiatma Hidayat

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga