Formasi Khusus CPNS 2025 Masih Disiapkan, Begini Jadwal Resminya

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Jumat, 09 Agustus 2024
0 dilihat
Formasi Khusus CPNS 2025 Masih Disiapkan, Begini Jadwal Resminya
Farmasi khusus cpns 2025 tengah digodok pemerintah. Foto: Repro setkab.go.id

" Badan Kepegawaian Negara (BKN) tengah menyiapkan seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2025, sambil menunggu laporan dari berbagai kementerian dan lembaga mengenai kebutuhan formasi khusus yang akan dibuka pada seleksi tersebut "

JAKARTA, TELISIK.ID - Badan Kepegawaian Negara (BKN) tengah menyiapkan seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2025, sambil menunggu laporan dari berbagai kementerian dan lembaga mengenai kebutuhan formasi khusus yang akan dibuka pada seleksi tersebut.

Proses ini dinilai sangat penting untuk memastikan bahwa kebutuhan tenaga kerja di berbagai instansi dapat terpenuhi sesuai dengan prioritas dan kebutuhan nasional.

Setelah seluruh laporan dari kementerian dan lembaga diterima dan diproses, BKN akan mengumumkan jadwal resmi seleksi CPNS 2025.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Hukum, dan Kerja Sama (BHHK) BKN, Vino Dita Tama, menyampaikan bahwa jadwal resmi pelaksanaan seleksi CPNS dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) masih menunggu keputusan dari Panitia Seleksi Nasional (Panselnas).

“Untuk jadwal resmi silakan merujuk pada agenda yang dirilis Panselnas. Setelah pembukaan diumumkan nanti akan bersamaan disampaikan jadwal per tahapan. Jadi, silakan ditunggu informasinya,” ucap Vino, seperti dilansir dari Tempo, Jumat (9/8/2024).

Baca Juga: Deretan Raja Tambang Batu Bara di Tanah Air

Pada Januari 2024 lalu, Plt Kepala BKN, Haryomo Dwi Putranto, sempat menyampaikan bahwa pengumuman dan seleksi administrasi CPNS dan PPPK direncanakan berlangsung pada Juni 2024. Namun, hingga pertengahan Agustus 2024, jadwal resmi belum juga diumumkan.

Dalam Sosialisasi Kebijakan Pengadaan CASN 2024 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB), Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN, Suherman, mengimbau kepada kementerian atau lembaga terkait untuk segera merinci kebutuhan formasi.

“Langkah ini diharapkan dapat mempercepat proses seleksi sesuai dengan jadwal yang telah direncanakan,” kata Suherman dalam sebuah siaran di Youtube BKN.

Apabila kementerian atau lembaga dapat menyelesaikan rincian formasi, kata Suherman, maka pendaftaran CPNS 2025 akan dibuka pada minggu kedua atau ketiga Agustus 2024.

Pada sosialisasi yang sama, Suherman juga memaparkan skenario jadwal seleksi CPNS 2024 setelah penetapan formasi.

Berikut adalah jadwal perkiraan yang telah disusun oleh BKN:

- Pengumuman, pendaftaran, dan seleksi administrasi diperkirakan akan berlangsung mulai minggu ketiga Agustus hingga minggu kedua September 2024.

- Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS dijadwalkan mulai minggu kedua Oktober hingga minggu kedua November 2024.

- Pengumuman hasil SKD CPNS diperkirakan akan dilakukan pada minggu kedua November 2024.

- Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS yang melibatkan Computer-Assisted Test (CAT) dan Non-CAT diperkirakan akan berlangsung mulai minggu ketiga November hingga minggu ketiga Desember 2024.

- Pengumuman kelulusan akhir CPNS dijadwalkan pada minggu kedua hingga minggu ketiga Januari 2025.

- Usulan Penetapan Nomor Induk CPNS akan dilakukan mulai minggu ketiga Februari 2025 hingga minggu ketiga Maret 2025.

Merujuk situs jadiasn.id, bagi calon peserta yang ingin mendaftar CPNS, proses pendaftaran dapat dilakukan melalui portal resmi SSCASN di situs sscasn.bkn.go.id.

Sebelum memulai pendaftaran, calon peserta harus memastikan bahwa mereka telah menyiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan.

Baca Juga: Wapres Ma'ruf Amin Beri Penghargaan UHC kepada 493 Kepala Daerah Termasuk Sulawesi Tenggara

Dokumen yang biasanya dibutuhkan meliputi pas foto berlatar belakang merah, swafoto, KTP, ijazah, transkrip nilai, dan surat penugasan (khusus untuk THK-2). Semua dokumen tersebut harus diunggah dengan format dan ukuran file yang sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.

Proses pendaftaran CPNS melalui SSCASN juga mencakup beberapa tahapan, mulai dari pembuatan akun SSCASN, login ke akun, pengisian formulir pendaftaran, hingga verifikasi dokumen oleh panitia seleksi.

Jika dokumen yang diunggah telah diverifikasi dan dinyatakan lengkap, maka calon peserta akan dinyatakan lulus seleksi administrasi dan dapat melanjutkan ke tahapan seleksi berikutnya.

Bagi calon peserta yang ingin meningkatkan peluang keberhasilan dalam seleksi CPNS, beberapa tips penting dapat diikuti.

Pertama, calon peserta harus mempersiapkan diri dengan baik, termasuk menyiapkan semua dokumen persyaratan dan mempelajari materi seleksi dengan cermat.

Kedua, selalu update informasi terbaru mengenai proses pendaftaran dan jadwal seleksi melalui situs resmi BKN. Terakhir, bersabarlah dalam mengikuti setiap tahapan seleksi, mengingat proses pendaftaran CPNS seringkali memakan waktu yang cukup lama. (C)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga