FPIK UHO Kini Punya Ruang Ilmiah, Beber Tips Menulis yang Baik

Tim Telisik, telisik indonesia
Sabtu, 14 Oktober 2023
0 dilihat
FPIK UHO Kini Punya Ruang Ilmiah, Beber Tips Menulis yang Baik
FPIK UHO melaksanakan kegiatan launching ruang ilmiah. Foto: Sahira/Telisik

" Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari melaunching ruang ilmiah FPIK UHO dengan tema bangkit berdaya dengan pikiran, FPIK juara dengan tulisan "

KENDARI. TELISIK.ID - Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari melaunching ruang ilmiah FPIK UHO dengan tema bangkit berdaya dengan pikiran, FPIK juara dengan tulisan.

Kegiatan ini dilaksanakan di Aula FPIK UHO, Sabtu (14/10/2023) diikuti mahasiswa angkatan 2022 dan 2023. Kegiatan dibuka secara daring oleh Wakil Dekan 3 Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FPIK UHO, Dedy Oetama.

Wakil BEM FPIK UHO menyampaikan, kegiatan ruang ilmiah ini merupakan salah satu program BEM FPIK UHO di bidang penalaran. Kegiatan itu pertama kali dilakukan setelah beberapa kali vakum. Ruang ilmiah bertujuan untuk membentuk mahasiswa yang berprestasi di bidang karya tulis ilmiah.

Baca Juga: 7 Mahasiswa FEB UHO Kendari Terbang ke Jerman Ikut Magang Internasional

"Kita adakan pelatihan, kita berikan tempat bagaimana caranya supaya bisa mengasah kemampuannya. Harapannya semoga kegiatan ini tidak hanya berhenti di tahun ini dan semoga teman-teman lebih kreatif lagi, lebi banyak dan bermanfaat untuk mahasiswa FPIK," ucapnya.

Dalam kegiatan tersebut, peserta sangat anstusias untuk mengetahui tips untuk menulis yang baik.

Salah satu pemateri, Zakiyah M Husba menyampaikan yang membedakan penulis yang membaca dan yang tidak membaca  bisa dilihat dari referensi dan karya dihasilkan.

"Menjadi seorang penulis dimulai dari membaca. Kemampuan membaca menjadi basic dengan hal-hal yang berkaitan dengan kepenulisan," tuturnya.

Harapannya dengan kegiatan kepenulisan ini minat baca meningkat dengan adanya hal tersebut, maka bisa memikirkan langkah selanjutnya untuk menjadi penulis.

Baca Juga: Robot Buatan Mahasiswa Teknik UHO Kendari Bisa Diandalkan saat Gempa

Salah satu peserta menyampaikan, minat baca generasi muda saat ini menurun. Dengan adanya pemateri dan fasilitas yang disediakan secara gratis mungkin akan ada orang-orang yang berhasil di dalam bidang tersebut.

"Dengan adanya kegiatan ruang ilmiah ini sangat bagus untuk generasi muda, banyak juga teman-teman punya ide atau bakat terpendam yang ingin dituangkan tapi tidak ada wadah untuk menuangkan bakatnya tersebut," ucapnya

Ketua Panitia, Abdul Bukit Jalil mengatakan harapannya semoga dengan acara ini mahasiswa angkatan 2022 dan 2023 bisa kompetitif di kancah nasional. (A)

Penulis: Sahira

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga