Fraksi PAN Yakin KH Miftachul Akhyar dan KH Amirsyah Bisa Pimpin MUI

Marwan Azis, telisik indonesia
Jumat, 27 November 2020
0 dilihat
Fraksi PAN Yakin KH Miftachul Akhyar dan KH Amirsyah Bisa Pimpin MUI
Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Miftachul Akhyar terpilih sebagai Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) periode 2020-2025 menggantikan KH Ma’ruf Amin. Foto: Repro Jawa Pos

" Apalagi, sebelum ini beliau sudah mengemban amanah sebagai wakil sekjend. Tentulah tugas-tugas sebagai sekjend sudah sangat akrab dan tidak asing lagi. "

JAKARTA, TELISIK.ID - KH Miftachul Akhyar, Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), sebagai Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) periode 2020-2025 menggantikan Prof KH Ma’ruf Amin.

Hal tersebut ditetapkan melalui Musyawarah Nasional (Munas) X MUI. Sementara KH Dr. Amirsyah Tambunan MA sebagai Sekjen MUI periode 2020-2025.

Berbagai kalangan pun meyakini KH Miftachul Akhyar bersama KH Amirsyah bakal bisa memimpin MUI ke depan, terlebih Amirsyah sudah lama berkecimpung di MUI.

Pandangan tersebut disampaikan Plh. Ketua Fraksi PAN DPR RI Dr. Saleh Partaonan Daulay kepada Telisik.id di Jakarta, Jumat (27/11/2020).

"Saya mengucapkan selamat atas amanah yang diembankan kepada KH Dr. Amirsyah Tambunan sebagai sekjend MUI. Saya meyakini bahwa poisisi ini sudah sangat tepat diamanahkan kepada beliau. Pasalnya, beliau adalah orang yang sudah berkecimpung lama di MUI pusat. Tidak kurang dari 20 tahun," ujarnya.

Menurut alumnus HMI ini, KH Dr. Amirsyah tentu sudah sangat paham budaya dan budaya kerja di MUI. Karena itu, ketika memulai aktivitasnya sebagai sekjend, ia tidak akan memulai dari awal lagi.

"Apalagi, sebelum ini beliau sudah mengemban amanah sebagai wakil sekjend. Tentulah tugas-tugas sebagai sekjend sudah sangat akrab dan tidak asing lagi," tuturnya.

Baca juga: Fadli Zon dan Sandiaga Uno Berpeluang Jadi Menteri KKP

Selain itu, kata Saleh, sosok KH Dr. Amirsyah dikenal cukup luas pergaulannya dengan ormas-ormas keagamaan Islam.

Ia juga dikenal luas di organisasi lintas agama dan civil society. Ini tentu akan menjadi modal utama dalam merajut kohesivitas sosial di tingkat internal umat dan antar umat beragama dalam bingkai NKRI.

"Sekjend MUI tentu harus diterima di semua kalangan. Termasuk di kalangan lintas organisasi keagamaan. Ini akan menjadi modal untuk tetap menjaga kesejukan dan keteduhan dalam kehidupan kita sehari-hari," imbuhnya.

Mantan Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah ini menambahkan, hal lain yang penting diketahui adalah bahwa KH Dr. Amirsyah ini juga mengerti menjaga hubungan baik dengan pemerintah.

Kalaupun selama ini ada kritik dan saran yang diungkapkan, semua itu tentu diarahkan pada upaya membangun tata pemerintahan yang lebih baik.

Ini tentu sejalan dengan orientasi MUI yang selalu menjaga keseimbangan hubungan antara ulama dan umara.

"Sekali lagi saya ucapkan selamat kepada seluruh pengurus MUI yang baru, khususnya kepada Dr. Amirsyah Tambunan. Semoga dapat memberikan yang terbaik bagi agama, bangsa dan negara yang kita cintai ini," tandasnya. (B)

Foto: Marwan Azis

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga