Fungka Barabantingi, Spot Wisata Baru Nikmati Indahnya Sunset dan Sunrise di Wakatobi

Boy Candra Ferniawan, telisik indonesia
Minggu, 06 Februari 2022
0 dilihat
Fungka Barabantingi, Spot Wisata Baru Nikmati Indahnya Sunset dan Sunrise di Wakatobi
Spot Wisata Baru Fungka Barabantingi di Pulau Kaledupa. Foto: Ist

" Pulau Kaledupa Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) kini punya wisata baru, yakni bukit Barantingi atau yang dikenal dengan Fungka Barabantingi yang terletak di Desa Palea Jamaraka "

WAKATOBI, TELISIK.ID - Pulau Kaledupa Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) kini punya wisata baru, yakni bukit Barantingi atau yang dikenal dengan Fungka Barabantingi yang terletak di Desa Palea Jamaraka (Pajam), Kaledupa Selatan.

Berdasarkan keterangan dari Camat Kaledupa Selatan, Haslam, penamaan Fungka Barabantingi sendiri memiliki filosofi kehidupan lokal masyarakat yang tidak mengenal namanya bukit tapi “Fungka”.

“Jadi keaslian yang lebih kita tonjalkan yang awalnya pada saat perencanaan itu namanya yaitu bukit barabantingi, namun untuk memepertahankan lokasi pembangunan, sehingga namanya diganti dengan Fungka Barabantingi,” ungkap Haslam, Minggu (6/2/2022).

Haslam mengungkapkan, pembangunan sarana sudah mencapai seratus persen, namun masih dalam tahap pemeliharaan selama enam bulan. Untuk sementara masih dikelola sambil menunggu KSP atau kerjasama pemanfaatan.

“Untuk memperoleh proses perizinan, secepatnya kami nanti akan berkoordinasi nanti dengan Pak bupati, kira-kira langkah apa saja yang harus kami lakukan. Dipleningkan setelah kegiatan GTRA Summit maret mendatang Fungka Barabantingi sudah dapat diresmikan Pak bupati,” urainya.

Pihaknya juga mengharapkan bantuan dan dukungan dari Pemda dan masyarakat. Kemudian bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat terutama Desa Wisata Pajam.

"Mudah-mudahan dengan adanya Fungka Barabantingi ini nanti yang dibuat dalam KSP kedepan akan sama seperti fasilitas pemerintah lainnya seperti Resort di Marina, Dapoer Maritim, dan Dermaga Barakati," harapnya.

Wisatawan yang datang berkunjung di Fungka Barabantingi ditawari keindahan matahari terbenam (sunset) dan sunrise (matahari terbit) dan menatap panaroma Pulau Kaledupa di puncak tertinggi Pajam.

Fungka Barabantingi adalah salah satu spot yang luar biasa, karena menawarkan keindahan alam perbukitan yang hijau, sunset, sunrise dan nilai kebudayaan serta sejarah Kaledupa.

Senada, Staff Khusus (Stafsus) Pariwisata Wakatobi, Regita juga mengharapkan, ke depannya seluruh pengunjung atau masyarakat setempat bisa menjaga tempat ini seperti rumah sendiri dan sebagai aset wisata kaledupa.

Baca Juga: Belum Banyak yang Tahu, Begini Keindahan Kecamatan Talaga di Buteng

“Dengan adanya spot ini dan juga diharapkan yang mengelola tempat ini adalah masyarakat atau komunitas pariwisata yang memiliki inovasi dan konsisten agar selalu berkelanjutan agar tidak terbengkalai lagi. Tentunya sikap menaati Prokes (protokol kesehatan) dan tidak membuang sampah sembarangan apalagi mencoret bangunan (vandalisme) hingga proses peresmian/launching nanti.” ungkap Regita.

Meski belum dibuka secara resmi, peminat wisata bukit sudah cukup tinggi. Biasanya, ada belasan hingga puluhan pengunjung datang setiap harinya bersantai ria, berfoto atau mengahabiskan waktu liburan bersama teman atau keluarga.

Keunikan tempat wisata ini ialah memiliki keindahan menakjubkan karena tempatnya di puncak yang tinggi maka pengunjung juga dapat menikmati tiga atraksi berbeda lainnya sekaligus di atas puncak ini, seperti bisa melihat Pulau Hoga, Desa Darawa, dan Suku Bajo Mantigola.

Baca Juga: JR Resto Konawe Hadirkan Nuansa Pedesaan, Bisa Makan Sambil Piknik dan Mancing

Selain itu exterior (struktur bangunan luar) dari Fungka Barabantingi ini juga menyerupai benteng yang sejalan dengan sejarah bahwa di Desa Pajam inilah bermula pertama kali Kerajaaan Barata Kahedupa, Tarian lariangi dan pusat kebudayaan lainnya berasal. (B)

Reporter: Boy Candra Ferniawan

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga