Fungsi dan Manfaat Al-Qur'an Dalam Kehidupan Sehari-hari

Irawati, telisik indonesia
Senin, 29 November 2021
0 dilihat
Fungsi dan Manfaat Al-Qur'an Dalam Kehidupan Sehari-hari
Al-Qur'an mengatur berbagai segi kehidupan manusia, selain sebagai sumber ilmu. Foto: Repro detik.com

" Al-Qur'an adalah kitab suci umat Islam, yang umat Muslim percaya bahwa kitab ini diturunkan oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala kepada Nabi Muhammad SAW "

KENDARI, TELISIK.ID - Al-Qur'an adalah kitab suci umat Islam, yang umat Muslim percaya bahwa kitab ini diturunkan oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala kepada Nabi Muhammad SAW.

Kitab ini terbagi ke dalam beberapa surah (bab) dan setiap surahnya terbagi ke dalam beberapa ayat.

Umat Muslim percaya bahwa Al-Qur'an difirmankan langsung oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW melalui Malaikat Jibril, secara berangsur-angsur selama 22 tahun, 2 bulan dan 22 hari atau rata-rata selama 23 tahun, dimulai sejak tanggal 17 Ramadan, saat Nabi Muhammad SAW berumur 40 tahun hingga wafat pada tahun 632.

Umat Muslim menghormati Al-Qur'an sebagai sebuah mukjizat terbesar Nabi Muhammad SAW, sebagai salah satu tanda dari kenabian, dan merupakan puncak dari seluruh pesan suci (wahyu) yang diturunkan oleh Allah sejak Nabi Adam dan diakhiri dengan Nabi Muhammad SAW. Kata "Qur'an" disebutkan sebanyak 70 kali di dalam Al-Qur'an itu sendiri.

Baca Juga: Lakukan Dosa Ini, Langsung Dapat Balasannya di Dunia

Al-Qur'an adalah kitab suci terakhir yang diturunkan Allah kepada manusia. Fungsi Al-Qur'an ada beberapa macam mulai dari fungsi Al-Qur'an  dalam agama Islam, fungsi Al-Qur'an bagi kehidupan manusia, dan fungsi Al-Qur’an sebagai sumber ilmu.

Wahyu Al-Qur'an dianggap oleh umat Islam sebagai firman suci Allah SWT, yang dimaksudkan untuk memperbaiki kesalahan dalam kitab suci sebelumnya.

Dikutip dari detik.com, segala sesuatu yang diciptakan Allah SWT pasti ada manfaatnya. Al-Qur'an mengandung banyak pokok ajaran sehingga seluruh hidup dan kehidupan ini menjadi teratur.

Oleh karena itu, di dalam Al-Qur'an terdapat ayat-ayat yang menjelaskan tentang fungsi Al-Qur'an, seperti dikutip dari buku Al-Qur'an dan Hadis karya Muhaemin:

1. Petunjuk bagi Manusia

Al-Qur'an adalah kitab suci yang diwahyukan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat dan petunjuk bagi manusia yang beriman dan bertakwa dalam hidup dan kehidupannya.

Hal ini sesuai firman Allah dalam Surah Al-A'raf ayat 52:

"Sungguh, Kami telah mendatangkan Kitab (Al-Qur'an) kepada mereka, yang Kami jelaskan atas dasar pengetahuan, sebagai petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang beriman."

Hal ini dapat terlihat bagi siapa saja (manusia) yang mengikuti petunjuk Al-Qur'an akan mendapatkan kemuliaan, kejayaan, keselamatan, dan kebahagiaan baik di dunia maupun di akhirat.

2. Sumber Pokok Ajaran Islam

Sumber pokok ajaran Islam adalah Al-Qur'an.

Sebab dari Al-Qur'anlah diambil segala pokok syariat dan dalil-dalil syar'i yang mencakup seluruh, aspek hukum bagi manusia dalam menjalani hidup di dunia atau di akhirat.

Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT dalam Surah-An'Nisa ayat 105:

Sungguh, Kami telah menurunkan Kitab (Al-Qur'an) kepadamu (Muhammad) membawa kebenaran, agar engkau mengadili antara manusia dengan apa yang telah diajarkan Allah kepadamu, dan janganlah engkau menjadi penentang (orang yang tidak bersalah), karena (membela) orang yang berkhianat.

3. Pengajaran bagi Manusia

Al-Qur'an adalah pengajaran bagi manusia. Karena itu, manusia mengetahui jalan yang hak dan batil, antara yang benar dan yang sesat dan lainnya.

Hal ini tercantum dalam Surah Yunus ayat 57:

Wahai manusia! Sungguh, telah datang kepadamu pelajaran (Al-Qur'an) dari Tuhanmu, penyembuh bagi penyakit yang ada dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang yang beriman.

Dengan fungsi Al-Qur'an itulah Al-Qur'an memiliki peran yang sangat penting dalam menjalani hidup. Tujuannya, agar manusia hidup dalam kebenaran dan keselamatan di dunia dan akhirat.

Dilansir dari liputan6.com, fungsi Al-Qur'an dalam agama Islam adalah:

1. Al-Huda (Petunjuk)

Dalam Al-Qur'an ada tiga posisi Al-Qur'an yang fungsinya sebagai petunjuk. Al-Qur'an menjadi petunjuk bagi manusia secara umum, petunjuk bagi orang-orang yang bertakwa, dan petunjuk bagi orang-orang yang beriman.

2. Al-Furqon (Pemisah)

Fungsi Al-Qur'an sebagai pemisah adalah Al-Qur'an dapat memisahkan antara yang hak dan yang batil, atau antara yang benar dan yang salah. Di dalam Al-Qur'an dijelaskan beberapa hal mengenai yang boleh dilakukan atau yang baik, dan yang tidak boleh dilakukan atau yang buruk.

3. Al-Asyifa (Obat)

Al-Qur'an bisa menjadi obat penyakit mental di mana membaca Al-Qur'an dan mengamalkannya dapat terhindar, dari berbagai penyakit hati atau mental. Meskipun, Al-Qur'an hanya sebatas tulisan saja, namun membacanya, dapat memberikan pencerahan bagi setiap orang yang beriman.

4. Al-Mau'izah (Nasihat)

Di dalam Al-Qur'an terdapat banyak pengajaran, nasihat-nasihat, peringatan tentang kehidupan bagi orang-orang yang bertakwa, yang berjalan di jalan Allah. Nasihat yang terdapat di dalam Al-Qur'an biasanya berkaitan dengan sebuah peristiwa atau kejadian, yang bisa dijadikan pelajaran bagi orang-orang di masa sekarang atau masa setelahnya.

Fungsi Al-Qur'an Bagi Kehidupan Manusia:

1. Sebagai petunjuk jalan yang lurus

Al-Qur'an memberikan petunjuk agar umat manusia dapat terus berjalan di jalan yang lurus. Yang dimaksud adalah manusia harus hidup dengan baik dan benar atau dalam istilahnya adalah di jalan yang lurus. Di dalam Al-Qur'an sudah dijelaskan, mana yang salah dan mana yang benar, serta peringatan-peringatan agar terus bertakwa kepada Allah.

2. Merupakan mukjizat bagi Nabi Muhammad SAW

Al-Qur'an adalah mukjizat yang diberikan kepada Nabi Muhammad SAW. Berbeda dengan nabi-nabi lainnya yang diberikan mukjizat seperti berbicara dengan binatang, menyembuhkan penyakit, dan lain sebagainya. Al-Qur'an merupakan sumber dari segala sumber hukum dan penyempurna dari kitab-kitab yang terdahulu.

3. Menjelaskan kepribadian manusia

Fungsi Al-Qur'an selanjutnya adalah menjelaskan kepribadian manusia dibandingkan dengan makhluk lainnya yang ada di bumi. Manusia adalah makhluk yang diberikan akal, bisa membedakan baik dan buruk, dan membuatnya berbeda dengan binatang yang sama-sama ciptaan Allah.

4. Merupakan penyempurna bagi kitab-kitab sebelumnya

Sebelum Al-Qur'an, ada beberapa kitab Allah yang juga diturunkan kepada para nabi, seperti Injil, Taurat, dan Zabur. Kitab-kitab Allah sebelumnya, ditujukan hanya pada umat pada zaman tersebut saja, berbeda dengan Al-Qur'an yang digunakan sampai akhir zaman.

5. Menjelaskan masalah yang pernah diperselisihkan umat sebelumnya.

Di dalam Al-Qur'an terdapat cerita-cerita dari masa lalu yang kemudian, berdasarkan kisah umat terdahulu, kita bisa belajar agar tidak mengulangi kesalahan yang pernah mereka buat sebelumnya.

6. Al-Qur'an memantapkan iman Islam

Dengan membaca Al-Qur'an, mempelajarinya dan mengamalkannya, kita bisa memantapkan iman kita. Isi Al-Qur'an akan membuat kita semakin yakin bahwa agama Islam adalah agama yang memang harus dianut.

7. Tuntunan dan hukum untuk menjalani kehidupan

Al-Qur'an berisi tentang hukum dan juga tuntunan manusia dalam menjalani kehidupan di dunia. Di dalam Al-Qur'an mengatur bagaimana tentang berhubungan dengan orang lain, berdagang, warisan, zakat, dan masih banyak lagi.

Sementara itu, fungsi Al-Qur'an sebagai sumber ilmu adalah:

1. Ilmu tauhid

Ilmu tauhid merupakan ilmu kalam dalam Islam yang membahas pengokohan keyakinan dalam agama Islam sehingga dapat memperkuat dan menghilangkan keraguan.

2. Ilmu hukum

Di dalam Al-Qur'an juga terdapat ilmu hukum yang dibahas. Contohnya saja, terdapat hukum pernikahan, warisan, zakat, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Efek Luar Biasa Rumah yang Sering Dibacakan Al-Qur'an

3. Ilmu tasawuf

Ilmu tasawuf adalah ilmu cara untuk mensucikan jiwa, menjernihkan akhlak dan batin.

4. Ilmu filsafat Islam

Filsafat Islam adalah hubungan ilmu kalam dengan filsafat yang dikembangkan oleh cendekiawan muslim. Jika dalam ilmu filsafat lain kadang masih mencari-cari tentang kehadiran Tuhan. Namun di filsafat Islam sudah meyakini tentang keesaan Tuhan yaitu Allah SWT.

5. Ilmu sejarah Islam

Al-Qur'an juga mengandung banyak ilmu sejarah dari masa terbentuknya manusia hingga perjuangan Nabi Muhammad SAW.

6. Ilmu pendidikan Islam

Al-Qur'an menjadi salah satu sumber utama untuk mempelajari Islam. Di dalam Al-Qur'an juga sering disebutkan ilmu pengetahuan lainnya seperti ilmu biologi atau astronomi.

Jadi, itulah beberapa fungsi dan manfaat yang luar biasa dari kitab suci Al-Qur'an yang perlu diketahui. (C)

Reporter: Irawati

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga