adplus-dvertising

Gagal Lolos ke Piala Asia U-23 2022, Ini Jalan Pertandingan Garuda Muda Kalah Lawan Timnas Australia

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 30 Oktober 2021
820 dilihat
Gagal Lolos ke Piala Asia U-23 2022, Ini Jalan Pertandingan Garuda Muda Kalah Lawan Timnas Australia
Pertandingan antara Garuda Muda vs Timnas Australia U-23 Piala Asia U-23 2022. Foto: dok. PSSI

" Pertandingan berjalan sengit sejak awal babak pertama. "

DUSHANBE, TELISIK.ID - Pada leg kedua Grup G Kualifikasi Piala Asia U-23 2022, Jumat (29/10/2021) malam WIB, Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-23 tumbang 0-1 dari Timnas Australia U-23.

Mengutip dari kompas.com, meski sudah berjuang sekuat tenaga namun atas kekalahan tersebut membuat peluang Timnas Indonesia U-23 ke putaran final Piala Asia U-23 2022 telah berakhir lantaran secara agregat Garuda Muda kalah 2-4 dari Timnas Australia U-23.

Melansir Suara.com, berikut jalannya pertandingan antara Timnas Indonesia U-23 vs Timnas Australia U-23:


Jalannya Pertandingan Babak Pertama

Pertandingan berjalan sengit sejak awal babak pertama. Kedua tim bermain ngotot dan saling jual beli serangan. Mereka sering terlibat bentrokan di sisi tengah, karena sulit menembus ke sepertiga lapangan.

Di sisi lain, skuad asuhan Shin Tae-Yong mampu tampil menyerang. Witan Sulaeman dan kawan-kawan tampil dengan ngotot lantaran terus memberikan tekanan dan tak membiarkan punggawa Australia bermain dengan leluasa.

Sayangnya, mereka melakukan kesalahan yang sebelumnya sudah diperingatkan untuk tak melakukan pelanggaran yang tidak diperlukan.

Alhasil, mereka kecolongan lewat skema tendangan bebas pada menit ke-11, setelah Patrick Wood merusak jala Ernando.

Usai unggul, Australia tampil lebih dominan. Mereka sukses memberi tekanan lewat penguasaan bola. Kendati begitu, Ernando tampil on fire dan pintu pertahanan terlihat solid guna menghalau skema serangan negeri Koala.

Baca juga: 5 Calon Pelatih Barcelona Pengganti Ronald Koeman, Nomor 1 Jadi Terkuat

Baca juga: 3 Kali Kalah, Barcelona Resmi Pecat Pelatih Ronald Koeman

Di sisi lain, Garuda Muda juga tak tinggal diam usai tertinggal. Mereka terus mencoba membangun serangan dan sedikit menguasai penguasaan bola. Namun, high pressing dari Australia masih sangat merepotkan mereka.

Oleh karena itu, Witan dan kawan-kawan gagal memanfaatkan sisa waktu sebelum jeda turun minum. Mereka harus bekerja lebih keras lagi guna memecah kebuntuan di babak kedua.

Bakal Kedua

Pada awal babak kedua, Timnas U-23 Australia menerapkan pola yang sama seperti babak pertama. Serangan mereka berasal dari lini belakang, serta mampu menguasai penguasaan bola.

Passing, dan pergerakan tanpa bola mereka sangat merepotkan Garuda Muda untuk melakukan pertahanan yang solid. Beruntung, hingga menit ke-60, skuad asuhan Shin Tae-Yong tampil lebih rapih dibanding babak pertama.

Terpantau hingga menit ke-70, negeri Koala terus menggempur pertahanan Tim Tanah Air. Kendati demikian, mereka masih dibuat frustasi lantaran Eranando tampil on fire dengan menepis segala tembakan yang dikirimkan Australia.

Tampil di bawah tekanan, akhirnya Timnas Indonesia mendapatkan peluang emas pada menit ke-74. Garuda Muda mendapatkan kesempatan guna memecah kebuntuan lewat serangan balik.

Sayangnya, Witan gagal memanfaatkan sebiji peluang emas itu menjadi sebuah gol. Hingga peluit berakhirnya pertandingan dibunyikan, tak ada gol yang berhasil dicetak oleh kedua kubu.

Dengan begitu, penampilan pantang menyerah Garuda Muda belum cukup mampu untuk menembus Piala Asia U-23 2022 mendatang.

Susunan Pemain

Indonesia (4-4-2): Ernando; Asnawi, Ridho, Dewangga, Arhan, Irianto, Gunansar, Marselino, WItan, Taufik, Saghara

Australia (3-5-2): Suman, Talbot, Tokich, Courtney, Mauragis, Monge, Yazbek, Lopane, Italiano, Brook, Wood. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga