Gagal Raih Juara 1, Pj Bupati Muna Barat Bakal Evaluasi Rekrutmen STQH

Putri Wulandari, telisik indonesia
Rabu, 19 Juli 2023
0 dilihat
Gagal Raih Juara 1, Pj Bupati Muna Barat Bakal Evaluasi Rekrutmen STQH
Para kafilah asal Muna Barat yang mendapat penghargaan khusus di ajang STQH ke-27 di tingkat Sulawesi Tenggara. Foto: Ist.

" Gagal raih juara 1 di ajang Seleksi Tilawah Quran dan Hadist (STQH) ke-27 tingkat Sulawesi Tenggara, Pj Bupati Muna Barat akan kembali evaluasi para rekrutmen "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Gagal raih juara 1 di ajang Seleksi Tilawah Quran dan Hadist (STQH) ke-27 tingkat Sulawesi Tenggara, Pj Bupati Muna Barat akan kembali evaluasi para rekrutmen.

Diketahui, ajang STQH tingkat Sulawesi Tenggara itu dilaksanakan pada 14-17 Juli 2023, tepatnya di Hotel Claro Kota Kendari. Dalam ajang perhelatan itu diikuti oleh 17 kabupaten/kota yang ada, salah satunya Kabupaten Muna Barat.

Sebelum pergelaran ajang itu dimulai, Pj Bupati Muna Barat, Bahri telah menjanjikan hadiah umrah bagi para kafilah yang berhasil meraih juara 1, namun sayang kafilah asal Muna Barat belum meraih posisi tersebut.

Baca Juga: Target Lolos Final, Pj Bupati Muna Barat Janji Paket Umrah Bagi Juara STQH Tingkat Provinsi

Untuk itu, Bahri katakan perlunya evaluasi terhadap proses pembinaan untuk mendapatkan qori atau qoriah, hafidz dan hafidzah terbaik, sehingga dapat dipersiapkan secara paripurna dan berkesinambungan.

"Dalam waktu dekat evaluasi ini akan dilakukan bersama Kemenag Muna Barat, membahas tentang persiapan agar mendapat juara di ajang STQH dan MTQ," ungkap Bahri, Rabu (19/7/2023).

Ia mengatakan, proses evaluasi dari rekrutmen dalam ajang STQH perlunya persiapan dari tingkat bawah, yakni desa, kecamatan, hingga kabupaten, serta perlunya dukungan pelatih profesional sebagai wujud kesiapan dalam mengikut lomba di ajang tersebut.

Untuk itu, pemda akan membentuk salah satu kelembagaan dari 11 kecamatan hingga kabupaten yaitu LPTQ, nantinya didukung pula dengan pendanaan dari APBD, sehingga kegiatan islamiah sinergi dari lingkungan desa dan kecamatan.

Sementara itu, Kabag Kesra Setda  Muna Barat, La Karimu merasa bersyukur dengan pencapaian para kafilah walaupun tak meraih juara 1 di ajang perhelatan tersebut.

"Alhamdulillah, dari enam bidang yang kita ikuti, 5 orang mendapat penghargaan khusus," ungkapnya via Whatsapp, Rabu (19/7/2023).

Dalam penghargaan khusus itu diraih oleh bidang tilawah dewasa putra, tilawah dewasa putri, tilawah anak-anak putra dan putri, serta hafalan 1 juz putra.

Karimu katakan, penghargaan khusus yang didapatkan oleh kafilah Muna Barat merupakan perolehan medali oleh para kafilah, di samping itu mendapat uang pembinaan dari panitia Provinsi Sulawesi Tenggara.

Baca Juga: Sal Sabila, Duta Fashion Show STQH Kabupaten Muna Barat Optimis Tembus Kancah Nasional

Ia juga turut berterima kasih kepada Pj Bupati Muna Barat telah memberi fasilitas, sehingga dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan STQH tingkat Sulawesi Tenggara.

"Mohon maaf juga belum ada yang mendapat medali emas karena persaingan sangat ketat," pungkasnya.

Ia menambahkan, sumber daya manusia di Muna Barat juga luar biasa di bandingkan dengan kabupaten lain, namun perlunya perhatian dari pihak pemerintah terkait dengan pembinaan berkelanjutan.

Ia mengatakan, di kabupaten lain turut mendatangkan pelatih nasional bahkan mengutus yang potensial untuk belajar di luar daerah. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga